Cara Scan PC dengan Windows Defender Pada Windows 10

  • Share

NGONOO.com – Salah satu fitur terbaru yang ada di Windows 10 dan sayang banget kalau ini kita lewatkan, dia adalah Windows Defender. Ini adalah salah satu fitur anti virus yang default yang dibawa oleh Windows 10, jadi kita gak perlu lagi instal antivirus lain, karena pada Windows 10 ini, kita sudah bisa melakukan scanning sistem data pada PC dengan menggunakan Windows Defender. Kerenkan!

Windows Defender ini gaes, juga sudah dilengkapi dengan fitur Real time protection, jadi sistem secara otomatis dikontrol langsung oleh Windows Defender, jadi jika ada gerak gerik mencurigakan langsung ada notif untuk membersihkannya/ melakukan scan. 

Gimana Caranya Scan File dan Folder Menggunakan Windows Defender?

Ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk Scanning sistem data pada Windows 10. Pertama kita hanya perlu klik kanan pada folder yang ingin kita pindai, lalu pilih Scan with Windows Defender.

 

Sedangkan untuk cara yang kedua adalah memindai secara keseluruhan file dan folder yang ada pada sistem operasi Windows 10. Langkah cepat untuk membuka Windows Defender adalah melalui menu Taskbar, lihat pada gambar dibawah

Berhubung aku udah beberapa hari tidak melakukan scanning, maka akan ada notif seperti ini dan akupun langsung melakukan scanning dengan mode Quick. Maka proses scanning sistem sudah selesai dan PC ku ternyata aman dari serangan virus.

Pada bagian Scan Option terdapat tiga kategori mode scan yang bisa kita pilih sesuai dengan keinginan. Ada Quick Scan, seperti yang sudah aku coba diatas, ada Full Scan yang memindai keseluruhan drive pada PC dan terakhir ada menu Custom dimana kita bisa memilih drive mana yang ingin kita scan.

 

Selesai deh. Beginilah Windows Defender yang terdapat pada Windows 10, fitur real time yang selalu menjaga PC kita tetap aman dari serangan virus ataupun malware.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.