ASUS Zenfone Max Pro M2

Tips Mudah Membuat HDD atau Hardisk Lebih Awet

iQbal kHan | Tip & Trik | 05 Mar, 2017

Hardisk atau HDD saat ini seperti hartakarun bagi manusia 2.0 bahkan bisa jadi seperti nyawa kedua. Karena hampir semua data akan tersimpan disana. Namun terkadang kita lali untuk merawat dan membuatnya tetap optimal. Pada artikel sebelumnya ane telah membahas mengenai Menggatasi Hardisk Eksternal Error . Atikel kali ini masih sedikit berhubungan dengan itu.

Pada dasarnya setiap file memiliki kekususan dalam proses eksekusi dan setiap file juga memiliki karakter dalam proses dibaca dan ditulis didalam Hardisk. Untuk dapat membuat proses itu berjalan dengan lancar tanpa jeda, file file itu peletakannya harus dirapatkan. Bingung ya ? ane juga :mrgreen:

Sebenarnya di Sisntem Operasi Windows sudah disediakan itu semua, namanya Disk Defragmenter. Tingal teman teman kilik Start -> Run terus ketikan  defragmenter. nanti akan keluar sebuah aplikasi bawaan Windows untuk itu semua. Nah diluarsana ada aplikasi bernama Defraggler. Software ini dibuat oleh pengembang yang juga membuat CCleaner yang mungkin bukan hal yang baru lagi saat ini.

Bero and sest tinggal mendownload aplikasi itu disini kemudian mengintalnya. Untuk yang baru pertama kali menginstal software ini ane sarankan untuk menjalankan Defraggler ini secara runtut agar hasilnya bisa maksimal. Jika sudah runtutu. untuk hal selanjutnya bisa temen2 lakukan misal seminggu sekali atau sebulan sekali jika aktifitas di komputer atau laptopnya sangat intens, dan paling lama mungkin 3 bulan sekali juga gakpapa.

 

Dimulai dengan KLIK KANAN DRIVE C , nanti akan keluar banyak menu. kenapa diawali dengan drive C ? karena semua aktifitas Windows ada disana. Setelah Drive C bisa temen2 lanjut ke ke drive penyimpanan temen2 yang lain.

Setela klik kanan terus pilih menu Analyze Drive, menu ini gunanya untuk menganalisis terlebih dahulu drice C temen temen, nanti akan kelihatan apakah sehat atau tidak.

nah itu dikomputer ane terlihat GOOD berarti bagus, namun banyak block merah. Berarti jarang ane ane defrag dan kebetulan memang jarang ane defrag karena lebih sering menggunakan LINUX, Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan Optimasi dengan melakukan KLIK KANAN pada DRIVE C dan pilih menu OPTOMIZE DRIVE.

Setelah itu temen2 akan melakukan langskah yang utama yaitu defrag drive, tinggal temen2 klik kanan di C dan pilih defrag drive. Prosesnya akan membutuhkan waktu yang lama tergantung RAM, kapasitas Drive dan kecepatan baca dan tulis drivenya itu sendiri. usahakan pas melaukan ini pas temen2 selo tidak melakukan kegiatan karena akan makan banyak.

Yang terakhir adalah melakukan cek drive for eror, jadi nanti drive temen2 akan dicek apakah ada eror atau tidak, dan jika ada eror yang sangat banyak nanti posisi eror itu akan digeser ke paling ujung drive sehingga HDD temen2 akan teteap bisa berjalan secara maksimal, namun itu hanya opsional saja sebenarnya cukup 3 langkah diatas itu saja sudah cukup.