ASUS Zenfone Max Pro M2

Cara Mudah Menggatasi Hardisk Eksternal Error Minta Format Ketika Dicolokkan Ke USB

iQbal kHan | Tip & Trik | 05 Mar, 2017

Pasti kalian pernah mengalami hal seperti ini, atau teman-teman yang sedang menemukan artikel ini sedang mengalami hal serupa ? Sebenarnya masalah keluarnya peringatan  Do you want to format it? , atau HDD  Eksternal kalian tidak terdeteksi dan mendadak menjadi kosong adalah adalah karena pasti pernah mengalami hal dimana saat proses tranfer masuk ke  HDD Eksternal mendadak dicabut USB nya atau mendadak laptop atau PC mati sehinggal proses tranfer data gagal. nah karena faktor itulah menjadi eror.

Dan dengan cara yang sangat mudah ini kalian bisa langsung mengembalikan Hardisk Eksternal seperti semua hanya membutuhkan waktu 10 detik. Caranya adalah  :

Melalui perintah Start > Run atau cara cepatnya gunakan tombol Windows + R pada keyboard. Lalu kalian ketikkan perintah chkdsk /f D: 

D adalah lokasi drive hardisk eksternal, jadi silakan sesuaikan saja, kalau ditempatmu terdeteksi H ya tinggal D diganti H. 

Gitu doang sih caranya, nanti akan muncul jendela baru untuk proses scanning filer dan memperbaiki jika ada badsektor dll tinggal centang aja terus ok. Nah ane sarankan lalui pross ini walau sebenarnya saat mengetikkan perinta diatas HDD Eksternal akan langsung kembali lagi isinya. Kenapa aharus melalui proses itu, ya biar kalau ada korup bisa langsung dibenerin dan prosesnya memang agak lama tergantung kapasitas HDD eksternal, jumlah file yang ada didalam serta kecepatan baca tulisnya.

Oke sekian dulu tips dari ane. Jangan lupa di share jika bermanfaat biar temen2 yang lain tahu.