F-droid – Toko Aplikasi Android Gratis dan Open Source

F-droid adalah toko aplikasi android semacam Google Play, namun khusus untuk aplikasi serta game gratis dan open source. Kamu tidak akan menemukan aplikasi dan game berbayar di F-droid. Kamu pasti bertanya-tanya, kalau sekedar gratis di Google Play kan banyak?

Memang, di Google Play juga tersedia aplikasi gratis yang melimpah. Tapi, kebanyakan dari aplikasi tersebut bukanlah aplikasi open source. Itulah kenapa F-droid disebut toko aplikasi gratis dan open source. Bukan sekedar gratis, tapi juga open source.

Walaupun berbasis open source dan semua aplikasi atau game didalamnya gratis, tapi banyak game dan aplikasi dengan kualitas yang tidak kalah dengan aplikasi berbayar.

Jadi, bagaimana cara menginstall F-droid di smartphone android?

Pertama, kamu perlu menuju ke f-droid.org menggunakan browser favorit kamu. Lalu unduh berkas aplikasi f-droid.apk. Jika sudah, install aplikasi f-droid tersebut. Ketika pertama kali digunakan, F-droid akan melakukan update repositori. Tunggu beberapa saat sampai F-droid selesai melakukan update repositori. Waktu yang dibutuhkan biasanya tergantung dari kecepatan koneksi internet kamu.

Jika update repositori selesai dilakukan, kau akan melihat tiga tab di aplikasi F-droid yaitu Tersedia, Terpasang, dan Pembaruan. Tersedia artinya daftar aplikasi yang bisa kamu unduh dan install secara gratis. Terpasang artinya daftar aplikasi yang sudah terpasang di smartphone android kamu. Dan pembaruan artinya aplikasi dan game yang bisa kamu perbarui.

Kamu bisa melakukan pencarian aplikasi berdasarkan dari kategori. Cukup klik ikon segitiga terbalik, lalu pilih kategori aplikasi yang di inginkan. Ada banyak kategori aplikasi yang bisa kamu pilih, antara lain adalah permainan (game), konektivitas, internet, grafis, finansial dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah beberapa game dan aplikasi bagus yang bisa kamu download di F-droid: 1010! Klooni, MemeTastic, dan NoteBuddy. Satu hal yang menarik dari F-droid adalah, setiap aplikasi dan game yang ada di F-droid menyertakan link repositori yang mengandung source code dari aplikasi/game tersebut. Jadi, kamu bisa mempelajari source code nya dan melakukan perubahan atau modifikasi.

Yus Yulianto

Yus Yulianto

Total posts created: 881
Blogger, Content Writer.http://yusyulianto.blogspot.co.id/

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *