ads

Cara Mengenkripsi Email Yang Dikirim Menggunakan Gmail

Yus Yulianto | Tip & Trik | 20 Apr, 2017

Sebenarnya, ada beberapa layanan email yang menawarkan end-to-end encryption. Namun, rata-rata layanan email terenkripsi hanya menyediakan sedikit penyimpanan saja. Untuk mendaptakan penyimpanan ekstra, pengguna diharuskan membayar. Karenanya, Gmail masih merupakan layanan email terbaik dan paling banyak digunakan. Bukan saja karena gratis, namun juga cukup diandalkan dengan kapasitas penyimpanan sebesar 15 GB gratis dari Google.

3 tahun lalu, Google pernah mengatakan bahwa akan menghadirkan fitur end-to-end encryption pada layanan emailnya, Gmail. Namun sampai hari ini, fitur tersebu belum menampakkan batang hidungnya. Tapi jangan khawatir, ada ekstensi Google Chrome yang bisa kamu gunakan untuk membantu mengenkripsi email yang kamu kirim menggunakan Gmail.

Nama ekstensi tersebut adalah SecureGmail. Ekstensi ini adalah proyek open source yang bisa kamu unduh source code nya di GitHub. Ketika kamu menggunakan SecureGmail, pesan asli email kamu akan diubah menjadi pesan acak tak bermakna. Itu artinya, Google tidak akan bisa mengintip isi dari pesan email kamu yang sebenarnya.

Cara mengirim email terenkripsi menggunakan Gmail

Jika kamu sudah mendownload ekstensi SecureGmail, buka Gmail seperti biasa menggunakan browser Google Chrome. Untuk mengirim email terenskripsi, klik logo gembok disamping menu “Tulis”.

Kamu akan melihat sebuah kotak penulisan pesan baru berwarna merah. Masukan email penerima, judul email, dan isi pesan email kamu seperti biasa. Jika sudah selesai menulis, kamu bisa klik tombol “Send Encrypted”.

Setelah menekan tombol “Send Encrypted”, akan muncul permintaan untuk membuat password email yang kamu kirim. Buat password dan hint untuk mengamankan isi pesan email. Hint adalah bocoran password yang kamu gunakan untuk memberi petunjuk si penerima email password yang digunakan untuk mengamankan email tersebut. Setelah selsai, klik tombol “Encrypt & Send”.

Berikut ini adalah isi pesan yang telah di enkripsi. Terlihat sangat tidak berarti karena sudah di enkripsi. Untuk membaca pesan terenkripsi tersebut, penerima email perlu memasukkan password sesuai dengan yang tadi kamu buat.

 

Kamu bisa menggunakan cara ini untuk mengirim pesan-pesan email rahasia ke teman kantor, teman kuliah, dosen, ataupun mantan dan gebetan. Sekarang kamu tidak perlu takut lagi Google akan mengintip email-email yang kamu kirim menggunakan Gmail. Semua aman terenkripsi dan tidak ada yang bisa membacanya kecuali kamu dan si penerima email.