ASUS Zenfone Max Pro M2

Cara Memasang Live Wallpaper di Linux

Semua pengguna android pasti sudah tahu model wallpaper yang satu ini, yaitu Live Wallpaper. Untuk yang belum tahu, live wallpaper adalah sejenis gambar wallpaper di android yang bisa bergerak-gerak layaknya sebuah animasi. Selain bisa bergerak, pada beberapa live wallpaper juga akan merespon jika pengguna menyentuhnya. Contohnya adalah seperti live wallpaper air yang jika disentuh akan beriak.

Beberapa live wallpaper yang banyak digunakan pengguna android antara lain adalah live wallpaper ikan koi, live wallpaper akuarium, live wallpaper bunga, live wallpaper salju, dan masih banyak lagi. Walaupun dapat membuat smartphone cepat kehabisan baterai, namun live wallpaper tetap banyak digunakan.

Live Wallpaper sangat terkenal dikalangan pengguna android. Karena selain membuat tampilan layar menjadi lebih unyu, juga bisa membuat pemilik smartphone-nya merasa senang. Terutama pengguna android yang tidak punya foto pacar untuk dipajang sebagai wallpaper.

Android sendiri menyertakan beberapa live wallpaper yang bisa langsung digunakan. Selebihnya, jika ingin menggunakan live wallpaper lain yang sesuai dengan keinginan, pengguna android bisa mengunduhnya dari berbagai sumber. Baik dari internet maupun dari aplikasi yang bisa di download di Google Play.

Lalu pertanyaannya, bagaimana dengan para pengguna linux? Apakah bisa menikmati live wallpaper seperti di android? Tentu saja bisa. Berkat aplikasi bernama Slidewall, kita bisa menikmati indahnya live wallpaper ala android di desktop linux.

Slidewall dikembangkan oleh seorang developer asal Romania bernama Faur loan-Aurle. Terima kasih banyak Paman Faur.

Berikut ini adalah cara menginstall slidewall di Ubuntu dan distro turunannya.

Buka terminal, lalu ketikkan tiga perintah berikut ini:

sudo add-apt-repository ppa:fioan89/slidewall

sudo apt-get update

sudo apt-get install slidewall

Cara menggunakan Slidewall

Cara menggunakan live wallpaper melalui aplikasi Slidewall tidaklah sesulit melupakan mantan. Buka aplikas Slidewall, pada tab Preferences pilih opsi “Live wallpaper mode”.

Lalu pada tab “Live Wallpapers”, kamu bisa memilih live wallpaper yang ingin kamu gunakan. Ada beberapa pilihan, antara lain clock soundwave, random wallbase, dan lain-lain. Kamu bisa mencobanya satu persatu dan gunakan yang paling kamu sukai.

Sayangnya, saat ini Slidewall hanya menyertakan sedikit sekali live wallpaper yang bisa kita gunakan. Semoga pengembang terus melakukan pembaruan di aplikasi ini dan menambah live wallpaper yang bisa digunakan.