ads

PhotoRec - Aplikasi Yang Siap Bantu Mengembalikan Foto-foto Kamu yang Terhapus

Sudah bukan jamannya lagi galau karena foto-foto kenangan bersama gebetan tidak sengaja terhapus atau corrupt karena virus. Kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi PhotoRec untuk merecovery foto-foto kamu yang sudah kamu hapus secara permanen. Selamat format foto kamu bisa dikenali oleh PhotoRec, maka foto-foto kamu masih bisa dikembalikan lagi.

Selain bisa digunakan untuk merecovery foto, PhotoRec juga bisa mengembalikan file-file lain seperti video, mp3, pdf, doc, docx, dan masih banyak lagi. Sangat berguna untuk kamu yang tidak sengaja menghapus laporan skripsi. Padahal seluruh hidup kamu ada di file itu.

Bagaimana cara mengembalikan file foto, video, dan dokumen yang sudah terhapus?

Pertama kali yang harus kamu lakukan adalah mendownload aplikasi PhotoRec di website resminya. Pilih installer PhotoRec sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan. PhotoRec mendukung Linux, macOS, dan Microsoft Windows.

Setelah selesai terdownload, install PhotoRec. PhotoRec adalah aplikasi berbasis Command Line / Terminal. Karenanya, kita harus menggunakan terminal/CMD untuk menggunakan PhotoRec.

Buka terminal, lalu ketik: photorec. PhotoRec akan menampilkan informasi mengenai partisi yang ada di harddiisk kamu. Jika kamu ingin merecovery flashdisk, kamu bisa langsung colok ke port USB, PhotoRec biasanya akan langsung mengenali flashdisk tersebut.

Ingat baik-baik dimana kamu menyimpan foto atau file yang ingin kamu recovery. Kebanyakan pengguna Windows mmenyimpan data di drive D, maka pilih partisi D. Kamu pengguna linux biasanya menyimpan file di direktori home. Atau jika file kalian yang hilang dulunya tersimpan di flashdisk, pilih nama flashdisk yang tertera di PhotoRec.

Kamu bisa menentukan pilihan dengan menggunakan tombol atas dan bawah, lalu enter.

Selanjutnya, akan ada beberapa pilihan lagi. Untuk mempermudah, jangan menekan tombol atas ataupun bawah. Biarkan opsi yang disorot adalah yang paling atas. Dibawah, kamu akan melihat beberapa opsi seperti “Search”, “Options”, “File Opt”, dan “Quit”.

Secara default, kamu sedang menyorot opsi “Search”. Tekan tombol panah kanan dua kali untuk menyorot opsi “File Opt”. Opsi ini akan kita gunakan untuk memberitahu PhotoRec file-file apa saja yang ingin kita recovery. Jika opsi “File opt” sudah di sorot, klik enter. Kamu akan melihat tampilan seperti dibawah ini.

Seperti yang kamu lihat diatas, terdapat banyak sekali jenis file yang bisa kamu recovery. Sebenarnya bisa saja kamu menceklis semua jenis file tersebut. Namun untuk mempercepat proses recovery, hanya pilih jenis file yang memang ingin kamu kembalikan. Jika ingin mengembalikan file foto, kamu bisa memilih file jpg, png, dan psd.

Jika ingin merecovery file video, kamu bisa memilih MOV, mkv, atau 3gp. Cara memilih file adalah dengan menyorot jenis file, lalu tekan enter. Semua format file yang memiliki tanda X disampingnya, akan di recovery oleh PhotoRec.

Jika sudah yakin dengan format file apa saja yang ingin di recovery, tekan tombol “b”, lalu jawab ok. Setelah itu pilih “Quit” untuk kembali ke menu sebelumnya.

Sorot kembali opsi “Search” dengan cara tekan tombol kiri dua kalii, kemudian tekan enter. Kamu akan melihat dua opsi lagi disini. Jika kamu adalah pengguna Windows, pilih other (FAT/NTFS). Dan jika kamu pengguna linux, pilih ext2/ext3/ext4.

Ini adalah jenis filesystem yang kamu gunakan untuk menyimpan file-file kamu yang sudah hilang. NTFS adalah filesystem yang biasa dipakai di Windows, sedangkan ext (2,3,4) biasa terdapat di linux.

Tekan tombol enter.

Belum selesai. PhotoRec masih bertanya lagi. Pilih saja yang “Whole”. Ini akan memerintahkan PhotoRec untuk melakukan scanning seluruh bagian dari harddisk atau flashdisk.

Kemudian pilih folder tempat kamu akan menyimpan file-file hasil recovery PhotoRec. Kamu bisa bernavigasi menggunakan tombol panah (atas, kiri, kanan, bawah) sampai menemukan folder yang tepat. Jika sudah, tekan tombol C.

Sampai sini, sebenarnya proses recover baru saja dimulai. Kamu akan melihat PhotoRec sedang merecovery file-file dari harddisk kamu. Ada informasi mengenai format file dan jumlah file yang sudah berhasil di recovery. Semakin banyak jumlah file yang sudah pernah bercokol di harddisk kamu, maka semakin banyak pula waktu yang dibutuhkan untuk merecovery file-file tersebut.

Kamu bisa menunggu PhotoRec selesai merecovery semua file tersebut sambil ngopi atau nonton tv.

Untuk memastikan bahwa PhotoRec berhasil merecovery file-file lama kamu, kamu bisa mengeceknya di folder yang tadi kamu pilih sebagai tempat file-file recovery.

Biasanya PhotoRec akan memisahkan file-file hasil recovery ke dalam folder-folder dengan nama recup_dir.1, recup_dir.2, dan seterusnya. Cek folder tersebut satu persatu. Selamat menikmati kembali foto-foto dan file kamu yang pernah terhapus.