ads

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Rajin Update Kernel Linux

Yus Yulianto | Linux | 20 Apr, 2017

Seperti yang pernah saya bahas di artikel sebelumnya tentang cara update kernel linux, kernel linux adalah kernel yang digunakan oleh distro linux. Jika kamu menggunakan Ubuntu, elementary OS, Fedora, atau distro linux lainnya itu artinya kamu menggunakan kernel linux. Kernel linux di update secara teratur, namun sebenarnya kenapa kita perlu melakukan update secara rutin jika ada kernel linux baru yang telah di rilis? Bukankah menggunakan kernel lama juga komputer masih tetap bisa digunakan dengan baik?

Memang, menggunakan kernel lama (3 sampai 5 versi ke bawah) komputer masih tetap dapat digunakan dengan baik. Namun para pengembang software tidak akan mengupdate software tanpa menambahkan fitur-fitur baru pada software mereka.

Begitu juga dengan pengembang kernel linux, mereka selalu menambahkan fitur-fitur baru, perbaikan bugs, setiap kali merilis kernel linux terbaru. Dan berikut ini adalah alasan kenapa kamu harus sering update kernel linux ke versi terbaru.

Peningkatan Keamanan

 

Ini adalah alasan terpenting kenapa kamu harus selalu rajin mengupdate kernel linux ke versi terbaru. Linux memang pada dasarnya sudah aman. Tapi setiap kali ada versi terbaru, para pengembang melakukan “penambalan” terhadap bugs-bugs kecil yang ditemukan di kernel versi sebelumnya. Jadi, setiap versi terbaru kernel linux akan lebih aman dari versi sebelumnya.

Peningkatan Stabilitas

Ini juga alasan yang tidak kalah penting. Bukan cuma peningkatan keamanan, kernel linux terbaru juga membawa peningkatan stabilitas dari versi sebelumnya. Jika sebelumnya kamu sering mengalami crash, aplikasi tiba-tiba sering berhenti, maka wajib coba kernel linux versi terbaru.

Update Drivers

Update kernel biasanya ada dua tipe, yaitu minor update dan major update. Minor update adalah update kecil yang hanya membawa perbaikan dan penambalan bugs-bugs kecil. Sedangkan major update adalah update skala besar yang biasanya menambahkan fitur-fitur baru seperti dukungan terhadap driver-driver baru seperti pada kartu grafis untuk meningkatkan pengalaman grafis yang lebih baik di linux.

Fungsi Terbaru

Bukan hanya dukungan terhadap driver baru, major update juga biasanya menambahkan fitur-fitur baru yang tidak ada di kernel versi sebelumnya. Beberapa fungsi yang dibawa oleh kernel linux terbaru ini biasanya dibutuhkan oleh suatu program atau aplikasi. Karenanya, terkadang ada program atau aplikasi yang tidak bisa digunakan jika kamu masih menggunakan kernel lama.

Kecepatan

Sudah bukan rahasia lagi kalau linux itu sangat cepat, coba saja distro seperti elementary OS, Linux Mint, dan Arch Linux. Dan jika kamu ada seorang penggila kecepatan sejati, maka kamu wajib mengupdate kernel secara rutin. Kernel terbaru selalu membawa perbaikan dari sisi kecepatan performa. Jadi komputer kamu bisa lebih ngebut.

Itu dia 5 alasan kenapa kamu harus menggunakan kernel linux versi terbaru. Jika kamu masih bingung bagaimana cara menggunakan kernel linux versi terbaru, kamu bisa membaca artikel yang saya tulis sebelumnya tentang bagaimana cara mengupdate kernel linux dengan menggunakan aplikasi Ukuu.