ads

Cara Paling Mudah Update Kernel Linux Terbaru Dengan Ukuu

Apa itu kernel linux? Kernel linux adalah software yang berada di lapisan paling bawah dari sebuah distro linux. Kernel linux menjembatani komunikasi antara software (sistem operasi, aplikasi) dengan hardware komputer. Kernel linux pertama kali dikembangkan oleh paman Linus Torvalds. Dan kini ribuan pengembang dari seluruh dunia ikut turut serta dalam mengembangkan kernel linux.

Kernel linux selalu diperbarui secara rutin, dari waktu ke waktu. Tapi biasanya, para pengembang distro linux tidak bisa / belum mau menggunakan kernel linux terbaru untuk distro mereka karena berbagai alasan. Untuk kamu para pengguna linux, terutama pengguna Ubuntu dan turunannya, kamu bisa mengupdate kernel linux ke versi terbaru dengan mudah menggunakan Ukuu.

Ukuu adalah kepanjangan dari Ubuntu Kernel Update Utility. Sebagai aplikasi yang berurusan dengan update kernel, Ukuu sangat mudah untuk digunakan. Dan sudah berbasis GUI (Graphical User Interface). Hanya tinggal klik, klik, dan klik. Tidak ada urusan dengan terminal.

Cara Install Ukuu

Jika kamu menggunakan Ubuntu 14.04, Ubuntu 16.04, Elementary OS Loki, dan semua distro turunan Ubuntu lainnya, kamu bisa menginstall Ukuu dari repositori resmi pengembangnya.

Buka terminal, lalu masukkan perintah berikut ini. Jangan lupa ketikkan password setelah menekan tombol enter.

sudo add-apt-repository ppa:teejee2008/ppa

sudo apt-get update && sudo apt install ukuu

Setelah Ukuu terinstall di sistem, buka aplikasi tersebut. Di awal, Ukuu akan melakukan download info kernel-kernel terbaru yang bisa didownload.

Untuk mendownload dan menggunakan kernel linux terbaru, pilih versi kernel yang ingin kamu gunakan lalu klik “Install”. Tunggu sampai proses download selesai dan lakukan reboot.

Ada error atau bugs setelah menggunakan kernel terbaru?

Jangan panik. Jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi setelah update kernel, kamu bisa mengatasinya dengan cara menggunakan kernel versi sebelumnya. Caranya adalah dengan boot menggunakan kernel lama dari GRUB.

Berikut ini adalah elementary OS saya menggunakan kernel linux versi 4.10.11 stabil. Tidak terjadi bugs ataupun error. Semua berjalan seperti sebagaimana mestinya.

Kenapa tidak menggunakan kernel linux rc 1, 2, 3, 4, atau 5? RC adalah kernel linux yang masih dalam tahap pengembangan. Belum stabil dan masih banyak bugs di sana-sini. Sangat tidak direkomendasikan menggunakan kernel linux yang masih dalam tahap pengembangan. Apalagi untuk laptop yang kamu gunakan sehari-hari. Kecuali kamu tau apa yang kamu lakukan.

Selamat mencoba.