ads

Xiaomi Tips: Cara Membatasi Aktivitas Aplikasi Untuk Menghemat Baterai

Yus Yulianto | Android | 19 Apr, 2017

Smartphone Xiaomi yang menggunakan MIUI 8 punya aplikasi keamanan yang sangat powerfull dengan berbagai fungsi menarik. Kamu bisa memindai virus, menghemat penggunaan data internet, menghapus foto duplikat, membatasi aplikasi aktivitas aplikasi di belakang, dan masih banyak lagi. Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membatasi aplikasi yang berjalan di latar belakang. Hal ini bisa membuat daya tahan baterai kamu menjadi lebih lama.

Pertama dan yang paling utama, buka aplikasi keamanan MIUI 8 kamu. Lalu pilih menu “Baterai”. Kemudian pilih “Penghemat baterai aplikasi” yang terletak dibagian paling bawah.

Pilih aplikasi yang ingin kamu batasi aktivitas latar belakangnya. Beberapa aplikasi yang menurut saya cukup “agresif” berjalan di latar belakang adalah aplikasi email dan sosial media.

Lalu kamu akan melihat tampilan “Setelan Latar Belakang”. Di sini kamu bisa memilih untuk mengatur “perilaku” aplikasi. Kamu bisa membatasi aktivitas latar belakang yang cukup membuat baterai menjadi boros, menghemat baterai, atau bahkan memilih untuk tidak membatasinya sama sekali.

Opsi “Penghemat bateari MIUI” akan mengidentifikasi aplikasi dan fungsi yang sedang berjalan dari aplikasi terkait. Misalnya jika kamu sedang mengirim email dan email belum terkirim tapi kamu sudah menutup aplikasi emailnya, MIUI akan membiarkan aplikasi email tersebut berjalan untuk mengirim email.

Sedangkan opsi “Tak ada pembatasan”, akan membuat MIUI membiarkan aplikasi berjalan “seenaknya” di latar belakang tanpa batasan sama sekali. Sangat cocok dipilih untuk aplikasi-aplikasi pesan instan seperti WhatsApp, BBM, LINE, dan lainnya.

Jika kamu memang ingin benar-benar menghemat baterai, saya menyarankan untuk memilih opsi terakhir yaitu “Batasi aktivitas latar belakang”. Jika opsi ini dipilih, aplikasi yang telah selesai kamu gunakan, akan segera di tutup dan tidak akan berjalan sama sekali di latar belakang. Sangat efektif untuk menjaga RAM agar tetap lega, dan tentu saja ini juga akan bermpak baik untuk baterai.

Itu dia sedikit tips bagaimana cara menghemat baterai dengan cara membatasi aktivitas aplikasi di latar belakang. Kamu tidak perlu menginstall aplikasi pihak ketiga, cukup gunakan fitur keamanan yang sudah terinstall secara default di MIUI 8.