ASUS Zenfone Max Pro M2

Pallete - Aplikasi Untuk Cari Tahu Ada Warna Apa Saja di Foto Kamu

Yus Yulianto | Android | 27 Apr, 2017

Adakalanya ketika melihat sebuah foto atau gambar bagus, kamu ingin tahu warna-warna apa saja yang terdapat didalamnya. Memang, untuk mengetahui warna-warna yang terdapat pada sebuah foto atau gambar dapat menggunakan cara manual, yaitu dengan memperhatikan secara seksama menggunakan mata.

Namun, cara tersebut tidak begitu efektif. Apalagi jika foto atau warna tersebut mengandung banyak warna-warna yang mirip. Tentu kamu tidak bisa menyebut semua warna biru adalah biru. Karena ada biru muda, biru tua, biru tosca, bahkan biru telor asin.

Hanya mengandalkan mata saja juga tidak cukup, terutama jika kamu ingin mengetahui warna secara lebih detail, seperti kode suatu warna. Dengan mengetahui kode warna, kamu bisa menggunakannya pada website, atau hal-hal lain untuk memudahkan penggunaannya agar lebih presisi sesuai dengan warna yang diinginkan.

Jika kamu ingin mengetahui komposisi warna pada sebuah gambar atau foto, kamu bisa menggunakan Pallete. Aplikasi ini bekerja cukup efektif untuk saya. Ia bisa mengenali semua warna dari foto dan gambar yang saya piliih.

Berikut ini adalah aplikasi Pallete ketika beraksi menganalisa warna-warna pada beberapa foto dan gambar.

 

Di baris-baris warna, kamu melihat kode warna di sebelah kiri. Kode warna tersebut bisa kamu pakai di HTML untuk mendapatkan warna yang sama dengan yang ada di gambar.

Sedangkan angka di sebelah kanannya adalah angka yang menunjukkan dominasi dari warna tersebut di dalam gambar. Semakin tinggi angka, semakin banyak pula warna terebut di dalam gambar atau foto.

Dari pengetesan yang saya lakukkan, Pallete dapat mengidentifikasi warna baik pada gambar sederhana maupun foto rumit. Gambar sederhana terlihat seperti gambar pertama diatas. Dan foto yang cukup rumit adalah pada foto yang terletak di tengah, yang merupakan foto pemandangan.

Selain mengidentifikasi gambar danfoto dari smartphone kamu, aplikasi Pallete juga bisa mengidentifikasi foto yang diambil langung menggunakan aplikasi Pallete. Cukup klik Take photo. Untuk mengetes kemampuan aplikasi ini, kamu bisa menggunakan gambar-gambar yang disediakan Pallete, tinggal klik logo api lalu kamu akan melihat gambar-gambar penuh warna berkualitas HD.

Aplikasi ini juga punya beberapa pengaturan di menu “Settings”. Salah satu pengaturannya adalah hanya menampilkan warna-warna paling dominan dari sebuah gambar atau foto. Warna-warna yang tidak terlalu banyak (kecil) akan diabaikan oleh Pallete.