5 Website untuk Mencari Aplikasi Linux

Sebagian besar distro linux saat ini sudah punya Software Center-nya masing-masing yang bisa digunakan untuk mencari dan menginstall aplikasi. Tapi terkadang, ada banyak aplikasi yang tidak tersedia di Software Center ataupun repositori. Salah satu jalan keluarnya adalah dengan melakukan pencarian di Google dengan kata kunci aplikasi yang ingin di download.

Sebenarnya, ada beberapa website yang khusus menyediakan aplikasi-aplikasi linux. Kamu bisa mengunjungi 5 website berikut ini untuk mencari aplikasi-aplikasi linux, jika aplikasi yang ingin kamu download tidak adai di Software Center.

Launchpad.net

Launchpad adalah website hosting untuk perangkat lunak opensource. Kamu bisa menemukan banyak aplikasi linux di website ini. Setiap minggunya, Launchapad akan memilih satu aplikasi yang akan ditampilkan sebagai “Featured Project”. Sampai saat ini, tersedia lebih dari 40 ribu proyek aplikasi di Launchpad. Website Lanchpad dikelola oleh perusahaan Canonical, perusahaan yang sama yang mengembangkan Ubuntu Linux.

Pkgs.org

Pkgs.org memungkinkan kamu untuk mencari aplikasi linux berdasarkan dari distro linux yang kamu gunakan, mulai dari Arch, CentOS, Debian, Fedora, Mint, dan Ubuntu. Website pkgs.org memiliki banyak aplikasi linux dan cukup rutin dalam mengupdate daftar aplikasi yang ada di server mereka.

Getdeb.net

Website yang satu ini dikhususkan untuk kamu para pengguna Ubuntu, elementary OS, Linux Mint, dan turunan Debian lainnya. Karenanya, semua aplikasi linux yang kamu download di getdeb.net akan berekstensi .deb. Kamu bisa memilih aplikasi sesuai dengan versi Ubuntu yang kamu gunakan, mulai dari versi 12.04 sampai yang paling baru 16.10.

Rpmseek.com

Website ini sangat cocok untuk anda yang menggunakan Fedora, centOS, ataupun distro linux turunan Red Hat lainnya. Semua aplikasi linux yang ada di rpmseek berekstensi .rpm. Kamu bisa mencari aplikasi sesuai dengan kategorinya, seperti games, multimedia, video, dan lain-lain.

GitHub

GitHub adalah “rumah” bagi banyak pengembang software di seluruh dunia. GitHub sering dijadikan tempat bagi para pengembang software untuk menaruh aplikasi buatan mereka. Karenanya, kamu bisa mencari aplikasi-aplikasi opensource di GitHub. Terdapat banyak aplikasi linux yang bisa kamu download disini.

Itulah 5 website yang bisa kamu gunakan jika ingin mencari software atau aplikasi linux. Semoga membantu untuk kamu para pengguna linux.

Yus Yulianto

Yus Yulianto

Total posts created: 881
Blogger, Content Writer.http://yusyulianto.blogspot.co.id/

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *