Harmony – Aplikasi Desktop untuk Streaming Musik dari Banyak Layanan

  • Share

Harmony adalah aplikasi desktop yang bisa kamu gunakan untuk memutar file musik yang tersimpan di harddisk kamu. Selain itu, kamu juga bisa mendengarkan musik dari layanan streaming musik populer seperti SoundCloud, Google Play Music, dan Spotify. Dan, hey, Harmony tersedia juga untuk platform Linux. Terima kasih untuk Vincent, selaku pengembang Harmony.

Ada dua tipe penikmat musik. Pertama, mereka yang mendengarkan musik dari harddisk (menyimpan file musik secara lokal), dan mereka yang lebih senang melakukan streaming dari website-website streaming musik seperti Spotify dan SoundCloud. Harmony mampu memenuhi kebutuhan dua tipe penikmat musik tersebut.

Kamu bahkan bisa masuk ke dua akun streaming secara langsung, jadi semua pustaka musik kamu di website streaming musik bisa kamu nikmati secara bersamaan menggunakan Harmony. Harmony dikembangkan menggunakan framework Electron. Harmony adalah aplikasi pemutar musik punya tampilan sangat cantik.

Awalnya, Harmony adalah aplikasi opensource. Namun karena satu dan lain alasan, Vincent menjadikan aplikasi Harmony sebagai aplikasi berbayar dan tidak lagi menyediakan sourcecode-nya di Github. Well, kabar baiknya kita masih bisa menggunakan Harmony tanpa membeli lisensi. Hanya saja, nantinya akan sering muncul peringatan untuk membeli lisensi.

Sang developer, melalui website resmi Harmony juga menyatakan bahwa jika dalam 6 bulan aplikasi ini tidak mendapatkan pembaruan, ia akan kembali merilis sourcecode Harmony ke Github agar developer lain bisa ikut mengembangkannya lagi.

Berikut ini adalah beberapa fitur utama pada aplikasi pemutar musik Harmony:

  • Memutar musik dari SoundCloud dan Spotify.
  • Memutar musik lokal di harddisk.
  • Notifikasi ketika memutar musik selanjutnya.
  • Mendukung Last.fm scrobbling

Karena Harmony dikembangkan dengan teknologi web (Node.js dan Electron), aplikasi ini akan tetap tampil cantik walaupun kamu mengubah-ubah ukurannya.

Satu lagi, notifikasi setiap kali pergantian musik berjalan secara baik di linux (dan pastinya di platform lain juga). Di elemenetary OS yang saya gunakan, notifikasi berjalan secara lancar dan serasi dengan OS.

Harmony adalah salah satu aplikasi pemutar terbaik yang pernah saya coba, terutama pada linux. Kemampuannya untuk memutar file musik lokal dan streaming dari beberapa situr populer benar-benar bisa mengakomodir kebutuhan para pecinta musik seperti kamu. Iya, kamu.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.