ASUS Zenfone Max Pro M2

Cara Menghapus Folder Kosong di Android

Yus Yulianto | Android | 26 Apr, 2017

Seiring dengan banyaknya aplikasi yang kamu gunakan, semakin banyak pula folder yang dibuat oleh aplikasi-aplikasi tersebut. Dan ketika kamu menghapus sebuah aplikasi, ia akan meninggalkan folder-folder kosong tak berguna di perangkat android kamu. Walaupun folder kosong, itu akan tetap membuat perangkat android kamu menjadi “kotor”.

Kamu bisa membersihkan folder-folder kosong dan tak berguna dengan dua cara. Pertama adalah dengan cara manual dengan file eksplorer. Ketika selesaii menghapus suatu aplikasi, jelajahi folder di perangkat kamu dengan menggunakan file explorer favorit, lalu cari dan hapus folder yang dibuat oleh aplikasi yang tadi kamu hapus.

Cara ini sedikit ribet dan memakan cukup banyak waktu. Terutama ketika kamu mempunyai banyak aplikasi terinstall di smartphone. Dan tidak semua aplikasi akan membuat folder dengan nama yang identik dengan nama aplikasinya. Jadi, kamu akan bingung mana saja folder yang dihasilkan suatu aplikasi. Kemungkinan salah hapus juga cukup besar. Bisa-bisa malah folder foto-foto gebetan kamu yang terhapus.

Jika kamu tidak mau ribet dan ingin cara yang lebih simpel, kamu bisa menggunakan aplikasi Empty Folder Cleaner. Seperti namanya, aplikasi ini berfungsi untuk menggantikan tugas kamu bersih-bersih folder kosong. Kamu bisa memerintahkan aplikasi ini untuk membersihkan folder-folder kosong layaknya seorang bos.

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah, karena aplikasi ini hanya memiliki satu halaman. Kerennya lagi, aplikasi android ini bersih dari yang namanya iklan. Untuk menghapus folder-folder di penyimpanan internal smartphonemu, klik tombol “Delete empty folders”, dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Selain penyimpanan internal, kamu juga bisa membersihkan penyimpanan eksternal. Jika smartphone kamu menggunakan penyimpanan eksternal, kamu butuh akses root untuk membersihkannya.

Kenapa folder-folder kosong perlu dihapus?

Seperti yang saya katakan diatas, folder-folder kosong akan membuat perangkat smartphone android kamu berantakan. Terutama bagi kamu yang sering menggunakan android untuk menyimpan file-file seperti Microsoft Word, PDF, dan semacamnya. Ketika kamu menjelajahi folder di perangkat android, kamu pasti akan merasa terganggu dengan kehadiran folder-folder kosong peninggalan aplikasi-aplikasi yang telah kamu hapus.

Folder-folder kosong juga akan membingungkan kamu ketika ingin mencari folder tempat kamu menyimpan file-file penting yang ingin kamu gunakan. Dengan menghapus folder-folder kosong tersebut, kamu lebih mudah dalam mengatur file-file di perangkat android. Pekerjaan tidak akan terganggu dan lebih cepat diselesaikan.