5 Cara Berkontribusi Untuk Linux

Sebenarnya, ada banyak sekali alasan kenapa seseorang menggunakan linux. Saya sendiri menggunakan linux karena kesederhanaannya. Sederhana sekali bukan? Ada juga yang menggunakan linux karena ideologinya, tidak mau membajak software dan semacamnya. Itu urusan masing-masing individu saja.

Tapi, rasanya kurang asik kalau kita sebagai pengguna linux hanya menggunakan saja tanpa ikut berkontribusi. Berkontribusi untuk linux bukan hanya untuk programmer saja, kamu yang tidak bisa ngoding sama sekalipun sebenarnya bisa ikut berkontribusi untuk linux. Berikut ini adalah 5 cara berkontribusi untuk linux bagi kamu yang bukan programmer.

Donasi

Proyek linux didanai oleh donasi para penggunanya. Karenanya, salah satu cara terbaik untuk berkontribusi adalah dengan melakukan donasi. Berapapun jumlahnya, donasi kamu akan tetap diterima dan sangat bermanfaat untuk kelanjutan proyek.

Tanya-jawab di forum

Kalau kamu sudah cukup lama menggunakan linux, kamu juga pasti sudah cukup berpengalaman dalam mengalami troubleshot sistem kamu. Karenanya, pengalaman kamu tersebut akan sangat bermanfaat bagi pengguna linux lainnya, terutama mereka yang baru menggunakan linux. Menjawab pertanyaan-pertanyaan di forum linux adalah salah satu cara berkontribusi untuk linux.

Melaporkan bug

Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar distro linux masih memiliki bug, baik yang kecil maupun yang besar. Karenanya, kita para pengguna harusnya melaporkan bug yang kita temukan ke para developer. Hal ini tentu demi kebaikan kita juga, supaya developer bisa menambal bug tersebut dan menjadikan distro linux yang kita gunakan lebih baik.

Menulis dokumentasi di blog atau web

Kamu bisa menulis dokumentasi di blog ataupun di web. Dokumentasi tersebut bisa berupa tutorial, penyelesaian masalah seputar linux, atau apapun yang berhubungan dengan linux. Dengan membuat dokumentasi, kamu secara tidak langsung telah membantu para pengguna linux lainnya. Dan juga ikut berkontribusi kepada linux.

Ajak teman, keluarga, pacar

Kamu tentu ingin supaya linux bisa digunakan lebih banyak orang bukan? Karenanya, mulai sekarang kamu harus mengajak orang-orang terdekat kamu. Mulai dari teman, keluarga, sampai pacar. Katakan pada mereka bahwa linux bukan cuma sekedar kebal virus seperti yang selama ini mereka pikirkan, linux juga cantik dan keren.

Nah, gimana? Gampang bukan berkontribusi untuk linux. Cukup lakukan 5 hal sederhana diatas.

Yus Yulianto

Yus Yulianto

Total posts created: 881
Blogger, Content Writer.http://yusyulianto.blogspot.co.id/

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *