ads

Selain Google Play, Ini 5 App Store Terbaik Untuk Smartphone Android Kamu

Yus Yulianto | Android | 19 Apr, 2017

Android adalah sistem operasi yang sangat populer. Bahkan beberapa waktu lalu, Android dinobatkan sebagai sistem operasi paling populer di planet bumi, mengalahkan Microsoft Windows. Karenanya, banyak sekali pengembang yang berlomba-lomba untuk mengembangkan aplikasi dan game mereka untuk perangkat android.

Android sendiri sebenarnya punya App Store resmi, yaitu Google Play. Namun, karena ketatnya persyaratan dan seleksi dari pihak Google, tidak semua aplikasi dan game bisa masuk ke Google Play. Sebagai solusi, para pengembang mendistribusikan aplikasi dan game-nya di toko aplikasi pihak ketiga. Dan Berikut ini adalah 5 toko aplikasi yang patut kamu coba selain Google Play.

Amazon App Store

Seperti namanya, toko aplikasi ini adalah milik perusahaan raksasa Amazon. Walaupun tidak memiliki jumlah aplikasi dan game sebanyak Google Play, namun Amazon punya konten ebook yang berlimpah. Jadi selain bisa kamu gunakan untuk mengunduh aplikasi dan game, Amazon App Store juga bisa kamu gunakan untuk membeli ebook-ebook keren.

GetJar

Kamu pengguna ponsel fitur pasti sudah tidak asing dengan nama GetJar. GetJar dulu memang menyediakan aplikasi, game, tema, dan semua kebutuhan untuk ponsel fitur kamu. Namun seiring dengan berkembangnya jaman, GetJar juga menyediakan aplikas-aplikasi android yang bisa kamu unduh secara gratis.

Slide ME

Slide ME adalah semacam marketplace yang mempertemukan antara pengembang aplikasi dan para penggunanya. Slide ME adalah wadah bagi para pengembang-pengembang kecil atau indie yang ingin mendistribusikan aplikasi atau game-nya secara global. Sebagai pengguna, kamu bisa menemukan banyak sekali aplikasi dan game android di Slide ME.

F-Droid

F-Droid adalah app store untuk aplikasi dan game gratis dan open source. Ada banyak aplikasi dan game keren yang tidak bisa kamu temukan di Google Play, tapi bisa kamu dapatkan di F-Droid. Selain bisa mendownload aplikasi dan game di F-Droid, kamu juga bisa menggunakan F-Droid untuk mencari source code sebagai bahan pembelajaran. Cocok untuk yang sedang belajar membuat aplikasi android. Saya juga pernah mengulas F-Droid secara khusus diartikel ini.

Mobogenie Market

Kamu mungkin sudah pernah mendengar nama App Store yang satu ini. Di awal-awal kemunculannya, Mobogenie gencar sekali beriklan. Uniknya, Mobogenie punya klien untuk Microsoft Windows yang bisa kamu gunakan untuk mengunduh mentahan aplikasi android. Klien Mobogeni juga akan mendeteksi dan melakukan pemasangan aplikasi jika smartphone kamu terhubung menggunakan kabel USB.

Kenapa harus memasang App Store pihak ketiga jika sudah ada Google Play?

Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, walaupun Google Play punya koleksi aplikasi dan game yang berlimpah, masih banyak aplikasi dan game yang tidak lolos masuk ke Google Play. Karenanya, para pengembang mendistribusikan aplikasi tersebut ke App Store pihak ke-tiga. Beberapa App Store tersebut adalah yang sudah disebutkan diatas.

Tertarik untuk mencobanya?