Cara Mudah Download File di Linux dengan Addons Firefox Cliget

  • Share

Kamu yang menggunakan linux pasti sudah tidak asing dengan curl ataupun wget. Dua tools tersebut biasa digunakan untuk mendownload file dari internet menggantikan fungsi Internet Download Manager di Windows. Sayangnya, walaupun cukup powerfull untuk mendownload file, menggunakan curl atau wget tidak semudah seperti ketika menggunakan Internet Download Manager di Windows. Hal yang cukup merepotkan adalah kita harus memengcopy lalu mempaste url dari browser ke terminal lalu menambahkan opsi -c dan lain-lain.

Berbeda ketika kita menggunakan Internet Download Manager di Windows, Internet Download Manager akan secara otomatis akan muncul dan mengambil alih proses download. Sehingga tidak perlu untuk mengcopy-paste link download secara manual.

Kamu pengguna Firefox bisa menggunakan addons Cliget untuk mempermudah kamu ketika mendownload file dari internet. Ketika kamu mendownload file dengan Mozille Firefox, Cliget akan membuat sebuah perintah curl/wget. Kamu bisa menggunakan addon ini untuk mendownload attachment email, file di dropbox, dan lain-lain.

Download dan Install
Untuk menggunakan Cliget, kamu perlu menggunakan Firefox terbaru supaya comatible dengan Cliget versi terbaru juga. Download cliget disini.

Pengaturan
Kamu perlu melakukan sedikit pengaturan agar cliget dapat bekerja sesuai dengan keinginan kamu. Buka addons manager di Firefox, lalu pilih cliget – preference. Kamu bisa mencentang salah satu atau keduanya, baik wget ataupun curl. Tergantung kamu pakai yang mana.

Sekarang, setiap kamu mendownload file di internet, akan muncul jendela download. Di bagian bawah jendela tersebut kamu akan melihat deretan perintah “Download with wget”. Klik copy lalu paste ke terminal. Kamu bisa langsung paste ke terminal tanpa mengetik embel-embel tambahan lainnya. Klik enter, lalu kamu akan mulai mendownload file tersebut.

Jika tengah-tengah proses download tiba-tiba koneksi internet kamu mati atau terputus, kamu bisa melanjutkan proses download dengan kembali mempaste kembali link ke terminal. Wget akan melanjutkan proses download. Jadi kamu tidak perlu khawatir kehilangan proses download sebelumnya.

Tips: Kamu bisa menggabungkan cliget dengan savefrom untuk mendownload video youtube dengan lebih cepat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.