ads

Elementary OS Akhirnya Merilis AppCenter dengan Fitur “Pay-What-You-Want”

Daniel Fore dan kawan-kawan selaku pengembang elementary OS akhirnya secara resmi merilis AppCenter versi terbaru. Untuk kamu yang belum tahu, elementary OS adalah salah satu distro linux yang sedang populer saat ini. Tampilannya yang ganteng, ringan dan sederhana membuatnya banyak disukai orang. Kamu bisa membaca lebih lanjut mengenai elementary OS di tulisan saya sebelumnya: Elementary OS – Distro Linux Paling Ganteng Saat Ini.

Seperti yang diberitakan beberapa waktu lalu, Daniel Fore dan kawan-kawan sedang mengerjakan proyek AppCenter dengan menambahkan fitur “Pay-What-You-Want”. Fitur tersebut memungkinkan para pengguna elementary OS membayar pengembang aplikasi, namun dengan jumlah yang ditentukan sendiri oleh si pengguna.

Cara ini diharapkan dapat “mensejahterakan” para pengembang aplikasi open source. Kamu mungkin bertanya-tanya, “katanya open source, kok bayar?”. Tenang saja, jika kamu merasa “sayang” untuk membayar aplikasi dan lebih memilih untuk dibelikan indomie, kamu tetap bisa mendownload aplikasi yang kamu inginkan secara gratis. Oleh karena itulah metode pembelian aplikasi semacam ini disebut “Pay-What-You-Want”, bahkan kamu bisa membayarnya dengan $0 alias gratis.

Ikon Baru, Tampilan Baru

AppCenter elementary OS kini memiliki ikon baru. Kalau sebelumnya ia menggunakan ikon tanda panah kebawah dengan latar biru, maka kali ini digantikan dengan ikon mirip bagian depan sebuah toko. Para pengembang elementary OS adalah orang-orang dengan latar belakang desain, karenanya ikon-ikon yang ada di elementary OS bisa dikatakan keren-keren.

Bukan hanya ikon, namun tampilan dari AppCenter itu sendiri ikut mengalami beberapa perubahan. Dan tentu saja dengan fitur baru “Pay-What-You-Want”. Jika sebelumnya halaman depan AppCenter hanya menampilkan kategori aplikasi, kini ada elemen tambahan yaitu semacam “Aplikasi Sorotan”. Ya, semacam itulah.

Dan berikut ini adalah fitur “Pay-What-You-Want” yang saya sebut-sebut sedari tadi.

Seperti yang terlihat diatas, ada tombol download yang menyertakan jumlah dollar yang bisa kamu “berikan” ke pengembang. Namun jika kamu tidak ingin menyisihkan uang untuk sang pengembang, kamu bisa mengganti angka tersebut dengan 0, yang artinya kamu akan mendownload aplikasi dengan gratis.

Well, tidak semua aplikasi di AppCenter mempunyai tombol “Pay-What-You-Want”. Hanya aplikasi-aplikasi tertentu saja. Lebih tepatnya adalah aplikasi yang di submit langsung oleh sang pengembang melalui AppCenter Dasboard.

Update AppCenter di elementary OS ke Versi Terbaru

Jika kamu juga menggunakan elementary OS seperti saya, maka kamu harus melakukan update untuk dapat menikmati AppCenter versi terbaru ini. Caranya cukup mudah, yaitu dengan perintah terminal sederhana dibawah ini:

sudo apt update
sudo apt dist-upgrade

Selamat, sekarang kamu telah menggunakan AppCenter versi terbaru.