ads

React OS - Sistem Operasi Open Source Yang Kompatibel Dengan Aplikasi Windows

Yus Yulianto | Linux | 20 May, 2017

Bayangkan kamu bisa menggunakan aplikasi dan driver Windows favorit kamu di sistem operasi sumber terbuka. Ya, itulah React OS. Sistem operasi ini adalah sistem operasi suvmber terbuka yang mampu menjalankan aplikasi dan driver yang biasa kamu gunakan di Windows.

Uniknya, React OS bukanlah distro linux. Karena OS ini memang tidak menggunakan kernel linux. React OS menggunakan kernel yang ditulis sendiri. Saat ini React OS telah mencapai versi 0.4.5. Ya, React OS memang masih dalam versi Alpha. Namun ia sudah dapat menjalankan banyak sekali software-software Windows.

Tujuan awal dikembangkannya React OS adalah untuk membuat sebuah sistem operasi yang kompatibel dengan aplikasi dan driver Windows, namun gratis dan open source. React OS memiliki tampilan yang sangat mirip dengan Windows NT.

Uniknya, sistem operasi ini sangat ringan. React OS hanya membutuhkan 500 MB kapasitas hard disk kamu. Selain itu, ia hanya membutuhkan RAM sebesar 96 MB. Keren bukan?

Penampakan React OS

Berikut ini adalah sedikit penampakan React OS jika kamu penasaran.

Saat ini React OS memiliki 100 pengembang yang turut berkontribusi dari seluruh dunia. React OS disusun lebih dari 9 juta baris kode (dan akan terus bertambah).

React OS sangat cocok untuk kamu yang sudah bosan menggunakan sistem operasi sejuta umat Windows. Bosan dengan kemolekan macOS. Atau bosan bermain-main dengan distro linux.

Atau kamu tertarik untuk menggunakannya sebagai sistem operasi utama? Bisa saja, karena sudah banyak sekali aplikasi Windows yang dapat berjalan di React OS. Itu karena React OS menggunakan Wine, yang semakin hari semakin banyak aplikasi yang bisa digunakan.

Bagaimana dengan game?

Saat ini sudah ada beberapa game yang dapat berjalan dengan sangat baik di React OS, antara lain adalah Sim City 3000 dan Majesty. Kamu bisa mengetes sendiri apakah game favorit kamu sudah dapat berjalan atau belum diatas React OS.

Download dan Install

Silahkan kunjungi halaman download di situs resminya. Ada dua pilihan download. Tersedia dua pilihan download. Yang pertama adalah untuk Live CD, yang artinya kamu bisa menggunakan React OS dari flashdisk tanpa menginstallnya ke hard disk.

Dan yang kedua adalah Boot CD, yang bisa kamu pilih jika kamu benar-benar ingin menginstall React OS ke hard disk laptop. Juga tersedia paket-paket yang bisa kamu gunakan untuk menjalankan React OS di software virtualisasi seperti Qemu, VMWare, dan VirtualBox.

Silahkan pilih yang sesuai dengan kebutuhan kamu.