Mozilla Meluncurkan Firefox Focus, Peramban yang Melindungi Privasi Penggunanya

Mozilla, selaku lembaga non-profit terus berinovasi dalam menghadirkan berbagai aplikasi baru untuk para pengguna internet di seluruh dunia. Salah satu misi Mozilla adalah menjadikan website sebagai tempat yang terbuka dan dapat diakses oleh semua orang. Melalui aplikasi buatannya sepert peramban Firefox, Mozilla terus menjadikan internet sebagai tempat yang lebih baik.

Baru-baru ini, Mozilla merilis peramban anyar mereka yatu Firefox Focus. Firefox Focus adalah peramban untuk perangkat smartphone (android dan iPhone) yang fokus untuk meningkatkan privasi serta kenyamanan para penggunanya ketika melakukan surfing di internet.

Fitur Firefox Focus

Berikut ini adalah beberapa fitur unggulan yang ditawarkan Firefox Focus:

– Memblokir berbagai pelacak web (termasuk iklan) secara otomatis, tidak perlu melakukan pengaturan lagi.

– Menghapus riwayat dengan mudah—tidak ada jejak, tidak ada cookie, dan tidak ada sandi yang tersimpan.

– Lebih cepat mengakses website karena memblokir semua iklan dan tracker yang ada di website.

– Tampilan keren.

Download Firefox Focus

Jika kamu pengguna android, maka bisa download Firefox Focus langsung dari Google Play Store. Dan jika kamu menggunakan iPhone, Firefox Focus juga ada di AppStore loh. Sama seperti aplikasi dari Mozilla lainnya, Firefox Focus bisa kamu gunakan secara gratis.

Tampilan yang keren dan beda

Mozilla mencoba berinovasi dan keluar dari kebiasaannya, jika Firefox biasanya hadir dengan tampilan yang biasa-biasa saja, maka Firefox Focus dibuat dengan tampilan yang menurut saya sangat keren.

Baca juga: Fitur Firefox Container Memungkinkan Kamu Untuk Membuka Website Dalam Container Yang Berbeda

Di halaman depan aplikasi, kamu akan melihat teks bertuliskan “Firefox Focus” dan kotak pencarian dibawahnya. Dan juga latar belakang berupa perpaduan warna antara ungu dan biru. Sangat simpel, namun juga cantik.

Secara default, kamu tidak bisa mengambil screenshot ketika sedang menggunakan Firefox Focus. Untuk dapat mengambil screenshot, kamu perlu mengaktifkannya di pengaturan. Pengaturan bisa kamu akses melalui ikon “titik tiga” yang terletak di kanan atas, lalu nonaktifkan “mode siluman”.

Oh, ya. Setiap kali sedang membuka website, kamu bisa melihat berapa jumlah pelacak yang terblokir oleh Firefox Focus. Klik logo “titik tiga”, maka akan tampil jumlah pelacak yang di blokir.

Di bagian bawah peramban, kamu juga akan menemukan sebuah logo bergambar tong sampah. Fungsi tombol tersebut adalah untuk menghapus riwayat penjelajahan secara cepat.

Well, satu hal menarik lainnya dari Firefox Focus adalah ukuran aplikasinya yang sangat kecil. Ukurannya tidak lebh dari 10MB. Sehingga bisa menghemat ruang penyimpanan smartphone.

Secara keseluruhan, saya sangat suka dengan peramban baru yang satu ini. Cepat, pemblokir iklan bawaan, serta tampilan yang keren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.