GPS Smartphone Android Sering Ngaco? Begini Cara Mengatasinya

  • Share

Ada saat-saat dimana kita begitu bergantung pada fitur GPS di smartphone. Jika GPS di smartphone bekerja dengan semestinya, maka kamu bisa dengan cepat mendapatkan lokasi akurat di Google Map (atau apliaksi peta lainnya). Dengan begitu kamu bisa langsung menempuh perjalanan, entah itu ke rumah mantan ataupun ke KUA.

Namun ada saat dimana GPS smartphone android kamu berubah menjadi menyebalkan. Ketika membuka Google Map, ia membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat mengunci lokasi kamu. Sehingga kamu tidak bisa langsung berangkat ke tempat tujuan.

Bahkan dalam beberapa kasus, GPS malah menunjukkan bahwa kamu berada di lokasi yang tidak semestinya (ngaco). Padahal kamu sedang berada di rumah pacar, eh di peta malah ditunjukkan bahwa kamu sedang di rumah mantan.

Menyebalkan memang.

Bagaimana cara mengatasi GPS smartphone yang ngaco?

Sebenarnya ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan. Mulai dari restart smartphone sampai update Google Map. Namun jika cara-cara tersebut gagal, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi bernama GPS Status & Toolbox.

Fungsi dari aplikasi ini adalah mendownload membersihkan dan mendownload kembali AGPS data, yang bisa membuat GPS kamu kembali normal. Download aplikasinya disini, lalu buka dan ikuti langkah-langkah berikut:

– Buka aplikasi GPS Status & Toolbox. Kamu akan melihat kompas dan beberapa paramter lainnya di aplikasi. Slide dari kiri ke kanan untuk memunculkan beberapa opsi lainnya.

– Pilih menu “Manage A-GPS state”. Pastikan bahwa kamu memiliki kuota internet yang stabil, tidak seperti suasana hati kamu yang gampang berubah.

– Akan muncul popup yang memberitahukan bahwa aplikasi GPS Status & Toolbox akan membersihkan data cache GPS perangkat kamu dan medownload A-GPS data. Klik Download.

– Setelah selesai, keluar dari aplikasi lalu coba jalankan aplikasi Google Map (atau aplikasi peta lainnya). Saat ini harusnya GPS kamu sudah berjalan normal sebagaimana mestinya.

Well, menggunakan aplikasi ini tidak akan memberikan efek permanen dalam menormalkan kembali GPS perangkat kamu. Kamu perlu melakukan cara diatas kembali.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.