Cara Mengaktifkan Fitur “Double Tap to Wake” di Smartphone Xiaomi

Android selalu diperbaharui setiap tahunnya oleh Google. Selain peningkatan performa dan penambalan bug dari versi sebelumnya, fitur baru adalah sesuatu yang selalu ada di setiap versi android. Salah satu fitur berguna menurut saya adalah “Double Tap To Wake”.

Fitur ini adalah cara untuk “membangunkan” layar smartphone tanpa menyentuh tombol power ataupun volume. Melainkan dengan cara mengetuk dua kali layar smartphone.

Walaupun fitur ini sudah ada cukup lama, namun nyatanya masih banyak sekali orang yang belum memanfaatkannya. Jika kamu tertarik menggunakan fitur ini, berikut ini adalah cara mengaktifkannya.

Buka pengaturan. Lalu pilih opsi “Tampilan”. Maka kamu akan menemukan opsi lanjutan yaitu “Ketuk layar 2x untuk bangunkan”. Untuk mengaktifkannya, cukup geser slider ke sebelah kanan.

Sekarang, setiap kali layar smartphone kamu dalam keadaan mati, kamu tidak perlu menekan tombol power untuk menghidupkannya. Cukup ketuk layar kamu sebanyak dua kali, maka layar akan menyala.

Ingat ya, diketuk. Bukan di sakiti #eh.

Kenapa harus menggunakan fitur Double Tap To Wake?

Kamu mungkin bertanya-tanya, kenapa juga harus menggunakan fitur ini? Toh, menggunakan tombol power juga masih bisa untuk membangunkan layar.

Dengan menggunakan fitur Double Tap to Wake, itu artinya kamu akan lebih jarang menekan tombol power. Kamu tahu ‘kan, tombol fisik smartphone memiliki batas penggunaan. Jika semakin sering di sentuh, maka lama kelamaan ia akan aus dan sampai akhirnya tidak dapat digunakan lagi.

Belum lagi jika kamu adalah tipe orang yang sebentar-sebentar selalu buka smartphone. Setiap 19 detik sekali, pacar mengirim pesan WhatsApp yang harus kamu balas. Tidak di balas, dia marah-marah.

Bayangkan, jika setiap 19 detik sekali pacar kamu mengirim pesan WhatsApp dan setiap itu juga kamu harus menekan tombol power. Berapa kali dalam sehari kamu menekan tombol power?

Karenanya, salah satu fungsi fitur ini adalah untuk memperpanjang usia tombol fisik power kamu.

Tips

Well, walaupun sangat berguna, fitur ini juga perlu kamu nonaktifkan pada saat-saat tertentu. Salah satunya adalah ketika kamu ingin bepergian jauh menggunakan sepeda motor, dan kamu menyimpan smartphone di dalam tas.

Yus Yulianto

Yus Yulianto

Total posts created: 881
Blogger, Content Writer.http://yusyulianto.blogspot.co.id/

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *