ASUS Zenfone Max Pro M2

Beberapa Cara Memindahkan File Dari Smartphone ke Laptop

Yus Yulianto | Android | 13 Jun, 2017

Terkadang, kita perlu melakukan pemindahan file dari smartphone ke laptop ataupun sebaliknya. Entah itu untuk membackup data, mengeditnya di laptop, ataupun untuk mengurangi jumlah file yang tersimpan di smartphone. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa digunakan untuk memindahkan file dari smartphone ke laptop ataupun sebaliknya.

Cara memindahkan file tersebut meliputi penggunaan aplikasi pihak ketiga, ataupun menggunakan fitur-fitur bawaan smartphone. Jika kamu adalah orang yang sering memindahkan file dari smartphone ke laptop, maka berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan.

Menghubungkan smartphone dan laptop menggunakan kabel

sumber: Androbuntu.com

Well, ini adalah salah satu cara klasik untuk mengirim file dari smartphone ke laptop ataupun sebaliknya. Penggunaan kabel USB untuk mengirim dan memindahkan file sangat mudah.

Kamu hanya perlu menghubungkan kabel ke smartphone dan laptop. Dari laptop, kamu bisa mengakses penyimpanan smartphone kamu dan data-datanya. Kamu bisa menyalin, bahkan menghapus data-data tersebut.

Menggunakan bluetooth

sumber: androidpolice.com

Bluetooth memang sudah jarang digunakan. Namun tidak ada salahnya untuk tetap melestarikan penggunaan bluetooth dengan terus menggunakannya ketika memindahkan data dari smartphone ke laptop.

Kamu bisa menggunakan cara ini jika tidak suka menggunakan kabel USB. Cara ini terbukti cukup efektif untuk mengirim file, terutama file-file dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Menggunakan USB on the go

sumber: jalantikus.com

Seiring dengan perkembangan teknologi, hadirlah aksesoris-aksesoris pendukung untuk meningkatkan pengalaman menggunakan smartphone. Salah satu aksesoris smartphone yang sangat berguna adalah USB on the go, atau USB OTG.

Pada dasarnya, USB OTG memungkinkan kamu untuk menghubungkan flashdisk ke smartphone, layaknya ketika menggunakannya di laptop. Kamu bisa menyalin data ke flashdisk melalui USB OTG, lalu menyalinnya kembali ke laptop.

Kirim melalui email

sumber: kaskus.co.id

Cara ini lebih efektif jika file yang kamu kirim adalah file dengan ukuran yang tidak terlalu besar seperti foto, lagu, dan video-video pendek. Tidak hanya itu, kamu bisa mengirim hampir semua jenis file, selama ukurannya tidak terlalu bessar (biasanya maksimal ukuran file adalah 20MB).

Kamu bisa mengirim file-filt tersebut sebagai attachment. Lalu membuka email yang terkirim beserta lampirannya di laptop, lalu mengunduhnya. Maka file tersebut akan berpindah dari smartphone ke laptop kamu. Mudah bukan?

Menggunakan aplikasi

sumber: beebom.com

Cara yang terakhir sekaligus cara yang kekinian adalah dengan menggunakan aplikasi. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk memindahkan file, beberapa contoh aplikasi yang cukup terkenal adalah ShareIt, AirDroid, dan PushBullet.

Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi diatas, proses pemindahan data biasanya bisa dilakukan dengan cepat dan mudah karena tidak menggunakan kabel. Cocok untuk mengirim file berukuran besar.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengirim file dari smartphone ke laptop ataupun sebaliknya. Kamu lebih suka cara yang mana?