ads

3 Fitur Keren Ini Harusnya Ada di Semua Aplikasi Android

Yus Yulianto | Android | 17 Jun, 2017

Saat ini semakin banyak pengembang yang mengembangkan aplikasinya untuk perangkat android, baik pengembang baru maupun pengembang lama. Jadi semakin banyak saja aplikasi yang ada di Google Play untuk di download. Belum lagi dengan aplikasi lama yang selalui diperbarui oleh pengembangnya.

Seiring dengan semakin berkembangnya sistem operasi android, semakin banyak pula hal yang bisa dilakukan oleh pengembang dengan aplikasinya. Itu karena dukungan API android yang semakin luas.

Sehingga lahirlah tren baru di aplikasi android. Namun sayangnya, masih banyak juga aplikasi yang belum memiliki fitur-fitur penting ini. Apa sajakah? Berikut ini adalah 5 fitur penting yang harusnya ada di setiap aplikasi android.

Night mode

Fitur ini sangat berguna untuk para pengguna aplikasi yang sering menggunakan aplikasinya malam-malam. Fitur ini akan mengubah antarmuka aplikasi menjadi gelap / hitam, sehingga lebih nyaman digunakan di tempat minim cahaya.

Contoh aplikasi yang membawa fitur ini secara default adalah Twitter. Fitur ini sangat disukai oleh pengguna Twitter karena dapat membuat mata terhindar dari kelelahan ketika mereka ngetwitt. Para pengemmbang aplikasi android mungkin harus mempertimbangkan fitur ini hadir di aplikasi mereka.

Offline mode

Well, internet memang sangat dibutuhkan ketika menggunakan smartphone. Baik ketika menggunakan browser, pesan instan, ataupun aplikasi-aplikasi lainnya. Namun terkadang, ada saat-saat dimana kita sebagai pengguna smartphone tidak bisa terhubung ke internet—ketika tanggal tua misalnya.

Fitur “offline mode” tentu akan sangat berguna. Fitur ini memungkinkan aplikasi tetap dapat digunakan walaupun smartphone sedang tidak terhubung ke internet, ketika smartphone kembali terhubung ke internet, maka semua data yang tertulis selama offline akan segera di sinkron-kan. Contoh aplikasi yang memiliki fitur ini adalah Dropbox Paper dan Evernote.

Pin Lock

Well, memang ada banyak sekali aplikasi pengunci yang bisa digunakan untuk mengunci aplikasi. Namun itu tetap dapat ditembus, yaitu dengan cara meghapus aplikasi pengunci tersebut, lalu semua aplikasi tidak akan dikunci lagi.

Berbeda jika setiap aplikasi memiliki fitur pengunci bawaan. Maka hampir tidak ada cara orang-orang iseng untuk mengakses aplikasi tersebut. Contoh aplikasi yang memiliki fitur ini adalah Dropbox dan Simplenote.

Itu dia 3 fitur aplikasi yang sangat membantu dan disukai oleh banyak orang. Semoga para pengembang aplikasi di seluruh dunia segera menambahkan 3 fitur diatas untuk aplikasinya.