ASUS Zenfone Max Pro M2

Cara Menyembunyikan File Penting di Android Tanpa Download Aplikasi

Yus Yulianto | Android | 13 Jun, 2017

Terkadang, ada beberapa file di smartphone android miliki kamu yang tidak ingin orang lain melihatnya. File tersebut bisa foto selfie, dokumen, film, atau apapun. Terutama yang bersifat pribadi dan tidak layak jika dilihat oleh orang lain, bahkan pacar, tetangga, teman dan Pak RT kamu sendiri.

Sebenarnya, ada banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengamankan file dengan cara menyembunyikannya. Kamu bisa menari aplikasi-aplikasi tersebut dari Google Play ataupun pihak ketiga.

Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya untuk menyembunyikan file kamu bisa melakukannya tanpa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga? Serius. Kamu bisa melakukan itu tanpa mendownload aplikasi apapun.

Semuanya dilakukan hanya dengan menggunakan file explorer bawaan smartphone kamu saja. Pingin tahu caranya? Baca dibawah ini.

Pertama, buka file explorer di smartphone kamu. Kamu bisa menggunakan aplikai file explorer apa saja, baik aplikasibawaan ataupun yang kamu download dari Google Play.

Buat satu folder khusus untuk tempat menyimpan file berupa foto, video, lagu, film, atau apapun yang ingin kamu sembunyikan. Kamu bisa memberi nama folder tersebut dengan nama apa saja. Usahakan bahwa folder tersebut berada di luar, bukan didalam folder lainnya.

Setelah itu, pindahkan file-file yang ingin kamu sembunyikan ke dalam folder yang tadi kamu buat. Kumpulkan semua file ke dalam folder tersebut.

Jika semua file yang ingin kamu sembunyikan sudah terkumpul di folder tadi, sekarang ubah nama folder tersebut. Tambahkan tanda titik (“.”) di nama folder. Dan, ka’arba arba. Folder tersebut sekarang sudah “hilang”, atau lebih tepatnya disembunyikan.

Jika file yang ada di dalam folder tersebut adalah foto, maka coba lah untuk cek aplikasi galeri. Aplikasi galeri tidak akan menampilkan foto yang ada di folder tersebut.

Begitu juga dengan file lagu, film, dan lainnya. Aplikasi lain tidak akan mendeteksi keberadaan mereka. Kamu mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara mengakses folder tersebut kembali?

Gampang sekli. Di aplikasi file explorer yang kamu gunakan, cari saja pilihan “Tampilkan file/folder tersembunyi”.

Bagaimana ini bisa terjadi?

Android, sama seperti linux akan secara otomatis “menyembunyikan” setiap file dan folder yang diberi nama dengan awalan tanda “.”. Karenanya cara ini bisa digunakan untuk menyembunyikan file-file penting.

Seperti yang saya katakan diatas, kamu juga bisa menyembunyikan file tanpa perlu menaruhnya di folder. Cukup ubah nama file tersebut dengan menambahkan tanda titik “.” di depan nya. Maka file tersebut akan langsung disembunyikan.

Selamat mencoba.