ASUS Zenfone Max Pro M2

Kapan Harus Menggunakan Mode Pesawat di Android?

Yus Yulianto | Android | 15 Jun, 2017

Smartphone yang menggunakan android sebagai sistem operasinya memiliki banyak fitur, salah satunya adalah mode pesawat atau airplane mode. Kamu yang sudah cukup lama menggunakan android pasti tahu fitur yang satu ini. Walaupun sebenarnya fitur ini tidak eksklusif, iOS juga memiliki fitur serupa.

Mode pesawat dibuat dengan tujuan agar smartphone tetap aman digunakan (walaupun dengan fungsi terbatas) ketika berada di dalam pesawat. Itu karena ketika dalam mode pesawat, smartphone tidak memancarkan gelombang elektromagnetik.

Namun pernahkah kamu bertanya kapan waktu yang tepat untuk menggunakan mode pesawat selain ketika berada di dalam pesawat? Nah, daripada kepo, mending dibaca sampai habis artikel ini.

Waktu yang tepat untuk menggunakan mode pesawat selain ketika naik pesawat.

Ketika mengisi baterai

Terhubung ke jaringan internet adalah salah satu penyebab utama kenapa baterai smartphone cepat sekali habis. Bahkan ketika di isi, baterai smartphone terasa lama sekali penuhnya.

Jika kamu sedang terburu-buru dan ingin agar baterai cepat penuh, ada baiknya kamu mengaktifkan mode pesawat di smartphone kamu. Dengan begitu, ia tidak akan terhubung ke internet dan jaringan seluler sehingga proses pengisian baterai lebih cepat.

Sedang ingin sendiri

Hati manusia sangat rentan dan terkadang sensitif. Karenanya jangan heran jika ada teman kamu yang hari ini sangat riang, ternyata besok nya murung. Itu karena suasana hatinya berubah-ubah entah karena sebab apa.

Jika kamu juga mengalami hal tersebut dan sedang ingin sendiri, tidak ingin ada yang mengganggu kamu termasuk dari semua aplikasi chatting di smartphone, kamu bisa mengaktifkan mode pesawat. Tidak akan ada panggilan, sms, serta WhatsApp yang akan masuk ke smartphone kamu. Kamu jadi bisa lebih khusyuk menyendiri.

Baterai sudah sekarat, namun perjalanan masih jauh

Mode pesawat juga terbukti sangat ampuh untuk menghemat penggunaan baterai. Jika kamu sedang dalam suatu perjalanan dan baterai smartphone sudah menunjukan angka “sekarat”, kamu bisa mengaktifkan mode pesawat.

Maka kamu bisa memperpanjang pasa pakai smartphone kamu walaupun baterainya sudah sekarat. Jadi kamu bisa menggunakan smartphone tersebut lebih lama lagi.

Memperbaiki kualitas sinyal

Banyak yang percaya bahwa dengan mengaktifkan mode pesawat, lalu menonaktifkannya lagi akan mendapat sinyal yang lebih bagus. Kamu bisa mencoba cara ini jika tiba-tiba jaringan internet kamu lemot atau putus-putus.

Nah, itu dia waktu yang tepat untuk menggunakan mode pesawat di android selain ketika sedang naik pesawat. Walaupun namanya “mode pesawat”, namun sebenarnya kamu bisa mengaktifkan fitur tersebut dimana saja. Di angkot, busway, ataupun ketika naik ojek online.

Selamat mencoba.