ASUS Zenfone Max Pro M2

5 Layanan Email Terenkripsi Ini Bikin Email Kamu Makin Aman

Privasi adalah salah satu masalah terbesar yang banyak dikeluhkan para netizen di dunia maya. Hampir semua website “mengintip” data-data para penggunanya. Mulai dari sosial media, sampai dengan layanan email. Jika kamu sudah lelah di intip, maka kamu wajib mencoba 5 layanan email dibawah ini.

Kenapa 5 layanan email dibawah ini tidak bisa mengintip email masuk dan keluar para penggunanya? Itu karena mereka menerapkan enkripsi untuk layanannya. Jadi, baik pemilik layanan maupun pihak ketiga tidak akan bisa mengintip email kamu. Hanya Tuhan, kamu dan penerima email yang tahu.

ProtonMail

Protonmail adalah salah satu layanan email terenkripsi yang sangat populer. Digunakan oleh banyak orang dari seluruh dunia. Protonmail menawarkan banyak fitur yang akan membuat kegiatan berkirim email kamu lebih aman dan bebas dari “intip”.

Protonmail bisa kamu gunakan secara gratis maupun berbayar. Jika kamu menggunakan versi gratis, kamu akan mendapatkan space sebesar 500MB. Sangat besar untuk penggunaan sehari-hari menurut saya. Namun jika masih kurang, kamu bisa melakukan upgrade dengan membayar biaya berlangganan berdasarkan jumlah space yang kamu butuhkan.

Mailfence

Selain email terenkripsi, Mailfence juga dilengkapi dengan penyimpanan dokumen serta kelender. Kamu bisa mengirim email terenkripsi, mengedit serta menyimpan dokumen secara online, dan mengatur kalender kamu langsung dari Mailfence.

Sama seperti Protonmail, Mailfence juga bisa kamu gunakan secara gratis. Namun dengan batasan 200MB saja. Jika kamu membutuhkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, kamu bisa membayar biaya berlangganan premiumnya. Tersedia biaya berlangganan untuk kapasitas 5GB sampai dengan 24GB.

Tutanota

Layanan email Tutanota didedikasikan untuk orang-orang yang mencari kebebasan di dunia maya. Tidak ingin di intipi oleh para raksasa internet, pemerintah, maupun dari para pengintai di dunia maya. Teknologi Tutanota sendiri di rilis sebagai open source. Sehingga kamu bisa mengevaluasinya dan memastikan bahwa layanan email Tutanota benar-benar aman dan terenkripsi.

Pada dasarnya kamu bisa menggunakan email dari Tutanota secara gratis. Namun jika kamu menginginkan kapasitas penyimpanan tambahan untuk lebih banyak email, maka kamu bisa melakukan upgrade dengan membayar biaya berlangganan. Kekurangannya? Tampilan websitenya tidak begitu enak dipandang.

Countermail

Countermail adalah penyedia layanan email terenkripsi lain yang juga wajib kamu coba. Countermail menggunakan protokol enkripsi OpenPGP yang sangat canggih itu. Salah satu fitur unik yang tidak akan kamu dapatkan di layanan email lain adalah pilihan untuk menggunakan flashdisk sebagai pembuka email kamu.

Tanpa flashdisk tersebut, baik kamu atau siapapun akan sangat mustahil untuk dapat mengakses email tersebut. Jadi bisa dipastikan keamanannya terjaga. Countermail juga bisa kamu gunakan menggunakan aplikasi pengolah email favorit kamu di Windows, macOS, maupun Linux.

Kolab Now

Sama seperti Protonmail, Kolab Now juga menampatkan servernya di negara Swiss. Dengan fitur enkripsinya, membuat semua kalimat yang kamu tulis di dalam email sangat mustahil diketahui oleh orang lain kecuali si penerima. Cocok untuk berbalas email dengan mantan ataupun gebetan.

Kamu bisa menggunakan layanan email dari Kolab Now dengan membayar sejumlah $4.99 untuk paket personal. Beberapa fitur tambahan lain adalah fungsi “note taking” bawaan, kalender, kontak, folder, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Sebenarnya masih ada banyak lagi penyedia layanan email aman yang menawarkan fitur enkripsi yang bisa kamu gunakan. Namun untuk sementara ini, 5 layanan email diatas adalah yang terbaik dan bisa kamu coba. Jika ternyata kamu menyukainya, kamu bisa melakukan upgrade untuk mendapatkan fitur dan kapasitas yang lebih banyak.