Cara Mengirim Foto Kualitas Penuh Via WhatsApp

  • Share

Beberapa waktu lalu, WhatsApp baru saja merilis pembaruan dengan menyematkan beberapa fitur baru. Salah satu fitur baru yang cukup menarik (dan menurut saya sangat berguna) adalah kemampuan untuk mengirim berbagai macam file.

Seperti yang kita ketahui, sebelum-sebelumnya, WhatsApp hanya bisa digunakan untuk mengirim berkas Doc, PDF, PPT, dan Excel.

Nah, di pembaruan ini, WhatsApp bisa digunakan untuk mengirim file berekstensi apa saja. Ya, apa saja. Mulai dari APK, ZIP, TAR.GZ, TXT, dan masih banyak lagi.

Jadi, untuk mengirim file diluar Doc, PDF, PPT, dan Excel melalui WhatsApp, sekarang kamu tidak perlu mengunggahnya melalui cloud storage seperti Dropbox lagi. Kamu bisa langsung mengirimnya melalui WhatsApp.

Dari fitur baru ini, kita juga bisa mengirim foto atau gambar dengan kualitas penuh. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa, WhatsApp akan selalu mengkompres gambar dan foto yang kamu kirim ke teman.

Namun dengan cara dibawah ini, foto dan gambar yang kamu kirim tidak akan dikompres oleh WhatsApp. Penasaran? Berikut ini caranya:

Pertama, buka aplikasi WhatsApp. Kemudian pilih kontak atau grup dimana kamu ingin mengirimkan foto atau gambar ini. Jika sudah, klik ikon bergambar klip, kemudian pilih Dokumen.

Kemudian, telusuri dimana kamu menyimpan foto atau gambar yang ingin kamu kirim. Setelah menemukan foto tersebut, WhatsApp akan bertanya apakah kamu benar-benar ingin mengirim foto tersebut atau tidak. Jawab kirim.

Dan sekarang, foto atau gambar tersebut akan terkirim tanpa di kompres. Jika belum yakin bahwa WhatsApp mengirim foto kamu tanpa dikompres, kamu bisa memperhatikan ukuran foto dibawah nama foto. Ukurannya sama dengan apa yang ada di smartphone kamu.

Jadi, si penerima juga akan menerima foto dengan ukuran dan kualitas yang sama. Tidak ada kompresi sama sekali.

Kenapa kita membutuhkan ini?

Fitur ini, menurut saya sangat berguna. Terkadang, kita dan teman-teman sering berbagi foto ketika mengunjungi suatu tempat bersama. Dan WhatsApp adalah salah satu aplikasi utama untuk “mendistribusikan” foto-foto tersebut.

Sayangnya, foto tersebut terkompres sehingga para penerima akan mendapatkan foto dengan kualitas yang lebih rendah. Dengan fitur ini, foto yang dikirim dan diterima memiliki ukuran dan kualitas yang sama.

Sekarang kirim-kirim foto di WhatsApp jadi lebih asik.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.