Cara Agar Foto Tidak Tampil di Galeri

  • Share

Aplikasi galeri bawaan ataupun Google Photos akan selalu menampilkan foto yang ada di media penyimpanan perangkat smartphone kamu. Namun, bagaimana jika ada beberapa foto yang tidak ingin kamu tampilkan di galeri?

Beberapa dari kamu mungkin menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyembunyikan gambar dan foto dari galeri. Namun, tahukah bahwa kamu bisa menyembunyikan foto dari galeri tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga?

Berikut ini caranya.

Pertama, buatlah sebuah folder di penyimpanan kamu. Kamu bisa meletakan folder tersebut di direktori mana saja. Kamu juga bebas menamai folder tersebut apa saja. Pada contoh ini, saya akan membuat folder bernama Foto Rahasia.

Jika sudah, masuk ke folder yang tadi dibuat. Kemudian buat sebuah file baru dengan nama .nomedia. Biarkan file tersebut kosong.

Selanjutnya adalah pindahkan semua foto-foto yang kamu inginkan ke folder ini. Ingat, hanya pindahkan foto-foto yang tidak ingin ditampilkan di galeri.

Jika foto-foto sudah kamu pindahkan ke folder tersebut, sekarang cek aplikasi galeri kamu. Maka foto-foto yang ada di folder tadi tidak akan muncul di galeri.

Cara ini sangat cocok untuk:

– Untuk kamu yang sudah jadian, tapi masih ingin menyimpan foto-foto mantan tanpa ketahuan pacar baru.

– Menyimpan foto-foto yang tidak ingin diketahui orang lain melalui aplikasi galeri

– Menyimpan foto-foto pribadi

– Dan lain-lain

Sebenarnya, bukan hanya aplikasi galeri yang tidak akan mendeteksi keberadaan foto kamu di folder tersebut. Aplikasi-aplikasi lain punakan mengalami hal yang sama—tidak mendeteksi keberadaan foto-foto dalam folder tersebut?

Kenapa?

Karena di dalam folder tadi terdapat file bernama .nomedia, yang fungsinya adalah melarang aplikasi untuk membaca semua file yang ada dalam suatu folder.

Nah, mudah bukan. Sekarang, folder tersebut bisa kamu gunakan untuk menimpan foto-foto pribadi yang tidak kamu inginkan untuk tampil di galeri.

Kerennya lagi, kamu tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan hal ini. Yang kamu butuhkan cuma aplikasi pengelola file bawaan android. Jadi bisa lebih menghemat ruang penyimpanan android.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.