ASUS Zenfone Max Pro M2

Cara Mengaktifkan Mode Offline di Google Chrome

Yus Yulianto | Tip & Trik | 11 Jul, 2017

Mozilla Firefox dan Internet Explorer sama-sama memiliki fitur “Work Offline” yang mampu menampilkan halaman web yang pernah dikunjungi secara offline. Jika kamu adalah pengguna Google Chrome, kamu mungkin bertanya-tanya “Adakah fitur semacam itu di Google Chrome”.

Jawabannya adalah: tentu saja ada. Hanya saja belum di aktifkan. Kamu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu secara manual. Fitur ini sebenarnya masih dalam tahap eksperimental, dan mungkin terkadang tidak bekerja sesuai dengan harapan. Seperti ketika kamu berharap ia begini, ternyata malah begitu. Ok, lupakan.

Catatan: fitur ini bisa kamu aktifkan di semua Chrome, baik itu Chrome untuk linux, android, macos, ataupun android.

Cara mengaktifkan mode offline di Google Chrome

Dalam mode offline ini, Google Chrome akan membuat sebuah cache lokal untuk setiap halaman webite yang pernah kamu kunjungi. Jika suatu waktu kamu mengunjungi halaman web tersebut, kamu bisa mengakses versi offline yang telah tersimpan sebelumnya.

Untuk mengaktifkannya, kamu perlu mengakses Chrome Flags. Semua fitur yang ada di Chrome Flags adalah fitur-fitur eksperimental.

Buka Chrome, lalu di address bar ketik “chrome://flags” (tanpa tanda petik dan tanpa kalimat di dalam tanda kurung ini).

Lalu kamu akan melihat sebuah halaman dengan peringatan dari Google.

Cari fitur dengan nama “Enable Show Saved Copy Button”. Mungkin akan sedikit sulit jika mencarinya menggunakan cara manual. Karenanya, kamu bisa menggunakan fitur Find dengan kombinasi tombol Ctrl + F lalu masukkan kata kunci “show saved”.

Lalu pada pilihan, pilih “Enablle Primary”. Ini akan mengaktifkan fitur offline mode di Chrome.

Lalu akan muncul tombol “Relaunch Now”. Klik tombol tersebut dan Google Chrome akan langsung restart. Jangan panik dan tetaplah kalem.

Mengetes Fitur Offline Mode

Pertama, kunjungi suatu website. Jika website telah dimuat sepenuhnya, matikan koneksi internet kamu dan refresh halaman website tersebut. Maka kamu akan melihat tombol “Show saved copy”.

Klik tombol tersebut, dan abrakadabra. Website tersebut tetap bisa diakses, walau kamu tidak sedang terhubung ke internet.

Google Chrome akan menyimpan aset-aset website seperti gambar, HTML, JavaScript, CSS dan semua komponen agar website dapat diakses ketika offline.

Fitur ini sangat berguna untuk kamu yang sewaktu-waktu sering kehabisan kuota internet dan tidak bisa langsung membeli paket baru. Fitur ini juga sangat berguna untuk kamu yang sering mengakses website yang sama berulang-ulang.