Cara Mengetahui Aplikasi Yang Bikin Baterai Smartphone Jadi Boros

  • Share

Menjaga agar baterai smartphone kamu tetap hemat adalah hal yang gampang-gampang susah. Terutam untuk kamu yang sering menginstall aplikasi-aplikasi baru secara sering. Karena, ada aplikasi-aplikasi yang memakan cukup banyak baterai kamu.

Jika kamu merasa bahwa baterai kamu jadi cepat habis karena menginstall aplikasi atau game tertentu, bisa jadi memang aplikasi dan game tersebutlah biang keroknya. Daripada kepo, mending kamu cari tahu sendiri.

Berikut ini adalah cara mengetahui aplikasi dan game apa saja yang memakan banyak baterai smartphone kamu.

Pertama, buka Pengaturan. Well, Pengaturan android bisa kamu akses dengan cara klik ikon berlogo gear di deretan aplikasi. Ataupun di bilah notifikasi, klik ikon berlogo gear.

Jika sudah di Pengaturan, lalu pilih Baterai & performa.

Pilih Konsumsi baterai.

Nah, seketika, kamu akan melihat aplikasi dan game apa saja yang banyak memakan baterai smartphone kamu. Dihitung dengan angka presentase.

Jadi, sekarang kamu sudah tahu ‘kan, aplikasi yang menjadi biang kerok kenapa baterai smartphone sering habis. Sampai disini, kamu bisa memutuskan apakah ingin menghapus aplikasi-aplikasi tersebut atau membiarkannya.

Jika memang tidak lagi digunakan, lebih baik hapus. Sama seperti mantan kamu, lebih baik lupakan karena dia sudah bahagia dengan yang lain. Namun jika memang aplikasinya masih kamu gunakan, ya biarkan saja.

Cara diatas saya praktikan menggunakan smartphone android Xiaomi dengan MIUI 8. Mengingat smartphone android tidak hanya Xiaomi, mungkin akan ada perbedaan cara mengakses menu Baterai seperti yang saya jelaskan diatas dengan smartphone yang kamu gunakan.

Kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan merk smartphone yang kamu pakai.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.