ads

Begini Cara Menghemat Penggunaan Data Internet Aplikasi Facebook

Yus Yulianto | Android | 21 Aug, 2017

Bukan lagi jutaan, Facebook kini telah digunkan oleh milyaran orang di seluruh penjuru planet bumi. Dan kamu yang sedang membaca artikel ini, juga tidak menutup kemungkinan menggunakan Facebook, iya ‘kan? Jika iya, pastinya kamu tidak hanya menggunakan Facebook dari website saja. Juga menggunakannya darai aplikasi android.

Dengan menggunakan aplikasi androidnya, kamu bisa Facebook-an dengan lebih mudah. Tidak perlu sering-sering menunggu loading ketika membuka profil teman ataupun ingin mengomentari status mantan. Itu karena Facebook telah menyimpan semua aset berupa status dan foto tersebut sebelumnya.

Belum lagi dengan fitur pemutar video otomatisny, kamu tidak perlu lagi menekan tombol play pada video di Facebook. Ketika kamu menggulir dan sampai pada suatu postingan video, maka video tersebut akan langsung berputar secara otomatis.

Namun dibalik semua kemudahan tersebut, ada harga yang harus dibayar. Ya, tentu saja. Semua yang ada di dunia ini selalu memiliki dua sisi. Dengan fitur-fitur tersebut, aplikasi Facebook menjadi lebih boros data internet.

Namun, tenang saja. Ada pengaturan khusus di aplikasi Facebook untuk menghemat penggunaan data. Jika kamu juga sering menggunakan aplikasi Facebook, entah untuk jualan, kepoin mantan, ataupun benar-benar untuk bersosial, maka kamu wajib mencobanya.

Pertama, buka aplikasi Facebook. Aplikasi Facebook yang saya maksud disini adalah aplikasi resmi Facebook standar. Bukan yang versi Lite ataupun aplikasi Facebook pihak ketiga.

Jika sudah, klik ikon disebelah kanan atas.

Jika sudah, gulir ke bawah sampai kamu menemukan opsi Penghemat Data. Klik opsi tersebut.

Kemudian, kamu akan masuk ke opsi Penghemat Data. Lalu geser slider ke sebelah kanan untuk mengaktifkan fitur Penghemat Data.

Selain itu, akan ada opsi tambahan, yaitu “Selalu matikan Penghemat Data saat menggunakan Wi-Fi. Maksud dari fitur ini adalah, Facebook tidak akan melakukan penghematan data ketika kamu sedang terhubung ke Wi-Fi.

Jika kamu menggunakan Wi-Fi seperti Mi-Fi yang masih berbasis paket data, sangat disarankan untuk menonaktifkan opsi ini. Namun jika kamu menggunakan Wi-Fi kantor, kampus atau kafe, maka sangat disarankan untuk mengaktifkan fitur ini.

Sekarang, setelah fitur penghemat data Facebook diaktifkan, maka aplikasi Facebook tidak akan memakan kuota internet terlalu banyak lagi. Dan kamu bisa Facebook-an lebih lama.