Cara Mengekstrak File Zip Di Google Drive

  • Share

Siapapun kamu, dan apapun sistem operasi yang kamu gunakan, pastinya kamu membutuhkan software untuk membuka berkas yang di kompres. File dengan ekstensi ZIP, adalah salah satu cara yang banyak digunakan orang untuk mengirim banyak file sekaligus. Dengan ZIP, kamu bisa mengirim ratusan bahkan ribuan file dengan satu kali kirim.

Dan ketika si penerima telah menerima file ZIP tersebut, ia hanya perlu mengekstraknya dengan sebuah software. Jika ia menggunakan desktop, file ZIP dapat diekstrak dengan menggunakan Winrar, Winzip, atau 7-Zip.

Namun pertanyaannya, bagaimana jika file ZIP tersebut ada di Google Drive?

Jangan khawatir. Karena sebenarnya, ada dua cara untuk mengekstrak file ZIP tersebut. Pertama, tentu adalah dengan mengunduh file ZIP tersebut, lalu mengekstraknya seperti biasa. Selesai.

Namun pertanyaannya, bagaimana jika file ZIP tersebut terlalu besar ukurannya, sedangkan paket internet kamu hanya sisa 19MB? Sedangkan, kamu hanya ingin melihat file apa saja yang ada dalam ZIP tersebut.

Gampang, gunakan saja ekstensi Chrome ZIP Extractor. ZIP Extractor adalah ekstensi yang berfungsi untuk mengekstrak file ZIP yang kamu simpan di Google Drive. Jadi, kamu tidak perlu lagi mendownloadnya hanya untuk melihat apa yang ada di dalam ZIP tersebut.

Untuk menggunakan ZIP Extractor, pertama tentu kamu harus menggunakan peramban Google Chrome versi terbaru. Jangan gunakan Internet Explorer.

Jika sudah , install ekstensi ZIP Extractor langsung dari Chrome Web Store disini.

Setelah ZIP Extractor terinstall di Chrome, sekarang kamu bisa mengekstrak file ZIP di Google Drive. Namun yang perlu diperhatikan adalah, perhatikan internet yang kamu gunakan.

Jika file ZIP yang kamu miliki besar, data yang dibutuhkan juga besar. Usahakan untuk selalu terhubung ke jaringan wifi tetangga atau kafe ketika bermain-main dengan ZIP Extractor di Google Drive.

Selamat mencoba.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.