5 Aplikasi Android Untuk Kamu Para Blogger

Jika kamu adalah blogger, tentunya kehadiran smartphone akan sangat membantu. Mulai dari menulis artikel, mengambil foto, sampai dengan memposting artikel yang telah kamu tulis. Dengan 5 aplikasi ini, hidup kamu sebagai seorang blogger akan semakin terbantu. Berikut ini adalah 5 aplikasi untuk para blogger.

WordPress

WordPress adalah salah satu CMS populer yang banyak digunakan orang untuk membuat blog, website, sampai dengan toko online. Ada dua jenis WordPress yang bisa kamu gunakan, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Jika kamu menggunakan WordPress.com, kamu tidak perlu membeli domain dan hosting.

Sedangkan jika kamu menggunakan WordPress.org, maka kamu memerlukan hosting dan domain. Namun apapun yang kamu gunakan, kamu bisa mengunduh aplikasi WordPress resmi untuk mempermudah kamu dalam ngeblog. Kamu bisa menulis artikel, menjawab komentar, sampai dengan mengecek statistik langsung dari aplikasi.

Blogger

Blogger adalah salah satu layanan blogging populer. Saat ini, Blogger.com telah diakuisisi oleh Google. Blogger.com selain dapat diakses dari website, juga bisa kamu gunakan melalui aplikasi android Resminya.

Namun menurut pengalaman pribadi, aplikasi android Blogger tidak sebaik aplikasi WordPress. Masih banyak fitur yang belum bisa kita temukan di versi androidnya. Sehingga cukup menyulitkan untuk benar-benar mengelola blog melalui aplikasi ini. Namun walaupun begitu, kamu masih bisa menulis artikel dari aplikasi ini.

Tumblr

Tumblr adalah layanan blogging yang populer sekaligus unik. Pasalnya, kamu bisa memposting dalam berbagai macam format, mulai dari artikel, gambar, link, chat, dan masih banyak lagi. Jadi, blog kamu akan lebih unik.

Aplikasi Edit Foto

Saya tidak akan menyebutkan satu aplikasi edit foto spesifik. Karena masing-masing orang, punya aplikasi edit foto favoritnya sendiri-sendiri. Namun untuk aplikasi edit foto, saya pernah menulisnya di NGONOO berjudul 5 Aplikasi Edit Foto Terbaik Versi Google Play.

Dengan adanya aplikasi edit foto di smartphone, kamu bisa lebih mudah membuat foto lebih menarik untuk dimasukkan ke dalam artikel blog yang akan kamu tulis. Jadi, artikel kamu akan terlihat lebih keren.

Google Analytics

Sebagai seorang blogger, tentu kamu ingin mengetahui berapa banyak orang yang telah terdampar di blog yang kamu kelola. Karenanya, kamu membutuhkan sebuah layanan penghitung traffic. Dari sekian banyak layanan, Google Analytics adalah salah satu yang terbaik. Dan kabar baiknya, Google Analytics juga memiliki aplikasi android resminya sendiri.

Itu dia 5 aplikasi yang wajib dimiliki jika kamu adalah seorang blogger. Dengan 5 aplikasi diatas, kamu dapat lebih produktif sebagai seorang blogger. Selamat mencoba.

Yus Yulianto

Yus Yulianto

Total posts created: 881
Blogger, Content Writer.http://yusyulianto.blogspot.co.id/

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *