ads

Dengan 5 Aplikasi Android Ini, Kamu Bisa Ngoding Dimana Saja

Yus Yulianto | Android | 18 Aug, 2017

Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan dengan smartphone android. Mulai dari menulis, berkirim email, sampai dengan pemrograman. Ya, benar. Sekarang kamu bisa menulis kode pemroraman di smartphone android. Tentu saja dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang tepat.

Berikut ini adalah aplikasi editor kode yang bisa kamu gunakan untuk ngoding di smartphone android.

Quoda

Quoda adalah salah satu aplikasi ediitor kode terbaik yang bisa kamu gunakan di android. Quora mendukung banyak sekali bahasa pemrograman. Jadi, kamu tidak perlu menggunakan aplikasi yang berbeda ketika ingin ngoding dengan bahasa pemrograman yang berbeda pula.

Kamu juga bisa mengedit kode-kode yang kamu simpan di cloud storage. Untuk saat ini, Quoda hanya mendukung dua layanan cloud storage, yaitu Dropbox dan Google Drive.

DroidEdit

DroidEdit adalah aplikasi android untuk mengedit dan menulis bahasa pemrograman dengan tampilan yang bersih dan simpel. Jika kamu menyukai Notepad++ di Windows, maka kamu juga pasti akan menyukai DroidEdit.

DroidEdit menawarkan banyak fitur seperti software kode editor di PC. Beberapa fitur tersebut antara lain adalah syntax highlighting, spell checker, dukungan untuk Dropbox, Google Drive, dan Box, serta fitur-fitur lainnya.

AWD

AWD adalah kepanjangan dari Android Web Developer. Ya, seperti namanya, aplikasi editor kode ini dikhususkan untuk para pengembang website. Jika kamu sering ngoding PHP, CSS, JS, HTML, dan JSON, maka AWD sangat cocok kamu gunakan.

Dengan AWD, kamu bisa membuat website langsung dari smartphone android. AWD juga memiliki banyak sekali fitur yang berguna. Mulai dari undo yang tak terbatas, sampai dengan integrasi dengan Git.

AIDE

AIDE atau Android IDE adalah Integrated Development Environment yang sangat lengkap untuk mengembangkan aplikasi android langsung dari android. Keren bukan? Kamu bisa membuat aplikasi android menggunakan smartphone android.

AIDE dapat kamu gunakan untuk membuat aplikasi android menggunakan bahasa pemrograman Java, C/C++, HTML5, CSS dan JavaScript. Kamu juga bisa melanjutkan aplikasi android yang kamu buat menggunakan Eclipse dan Android Studio.

CppDroid

Jika kamu adalah programmer yang fokus menggunakan bahasa pemrograman C atau C++, maka CppDroid akan menjadi teman baik kamu. Dengan CppDroid, kamu bisa ngoding C dan C++ langsung dari smartphone android.

Sebenarnya, masih ada beberapa lagi aplikasi android yang bisa kamu gunakan untuk ngoding di android. Namun untuk sementara ini, 5 aplikasi diatas adalah rekomendasi terbaik yang bisa kamu coba.