Ini Dia 5 Aplikasi Android Khusus Untuk Menguji Hardware Smartphone

  • Share

Ada kalanya kamu sedang tidak ada kerjaan dan akhirnya kamu mengecek kondisi smartphone. Kamu mengecek semua hardware smartphone, mulai dari bluetooth, kamera, speaker, sampai dengan GPS. Kamu mungkin mengeceknya karena curiga smartphone tidak berjalan seperti biasanya. Namun, melakukan pengecekan secara manual seperti itu tentu tidak aktif.

Daripada melakukannya dengan cara manual, lebih baik kamu menggunakan 5 aplikasi dibawah ini. Dengan 5 aplikasi dibawah ini, kamu bisa mengecek seluruh hardware smartphone dengan lebih mudah. Jadi lebih simpel.

Z-Device Test

Z-Device Test adalah aplikasi yang akan memudahkan kamu dalam mengecek kondisi hardware smartphone. Mulai dari kamera smartphone sampai dengan sensor akselerometer, aplikasi ini memberikan analisa komplit untuk seluruh hardware smartphone.

Setelah melakukan pengecekan dengan menggunakan aplikasi Z-Device Test, kamu bisa melihat mana sensor yang bekerja dan mana yang tidak. jika ada tanda Y, itu artinya sensor tersebut dapat digunakan dengan baik. Sedangkan tanda X, artinya hardware smartphone bermasalah.

Phone Tester

Phone Tester punya antarmuka yang simpel dan sangat mudah digunakan. Saking mudahnya digunakan, bahkan anak kelas 3 SD pun dapat menggunakan aplikasi ini. Phone Tester dapat digunakan untuk menguji sensor smartphone, kamera, sinyal, dan masih banyak lagi.

Antutu Tester

Antutu Tester adalah aplikasi yang cukup unik. Ketika aplikasi penguji lainnya hanya fokus pada pengujian hadware, Antutu Tester berfokus pada layar, touchscreen, dan juga baterai. Jadi, dengan Antutu Tester kamu bisa mengetahui “kesehatan” dari ketiga komponen penting smartphone tersebut.

Sensor Box

Sama seperti namanya, Sensor Box adalah aplikas yang berguna untuk menguji seluruh sensor yang ada di smartphone kamu. Sensor tersebut meliputii akselerometer, sensor cahaya, orientasi, proximity, temperatur, gyroscope, dan masih banyak lagi.

Phone Doctor Plus

Phone Doctor Plus dilengkapi dengan berbagai fitur yang sangat berguna untuk menguji berbagai macam hardware yang ada di smartphone. Total terdapat 25 macam pengujian yang berbeda.

Jika kamu adalah orang yang suka gaya-gayaan, maka Phone Doctor Plus punya fitur berbagi yang akan kamu sukai. Kamu bisa membagi hasil pengujian ke Facebook, Twitter, WhatsApp, Email, dan lainnya.

Dengan 5 aplikasi diatas, kamu bisa menguji semua hardware yang ada di smartphone. Jadi, jika ada satu atau dua hardware perangkat kamu yang tidak berfungsi dengan baik atau bahkan rusak, dapat segera diketahui dengan mudah.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.