Kompres Foto-foto Kamu Dengan 3 Aplikasi Android Ini

  • Share

Ketika ingin membeli smartphone, ada banyak sekali yang menjadi pertimbangan. Salah satu yang sering dijadikan pertimbangan adalah kamera. Kamera adalah salah satu komponen terpenting di smartphone. Tanpa kamera, kamu tidak bisa selfie. Dan tanpa selfie, kamu tidak bisa eksis di Facebook dan Instagram.

Kamera smartphone jaman sekarang sudah sangat canggih. Kualitas foto yang dihasilkan pun sangat baik. Tidak heran kalau ukuran foto yang dihasilkan cukup besar. Masalah muncul ketika kamu ingin menguploadnya ke media sosial.

Dengan mengupload banyak foto berukuran besar, tentu akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain waktu yang lama, kuota internet yang dibutuhkan juga tentu besar. Karenanya, kamu perlu aplikasi khusus untuk mengkompres ukuran gambar sebelum di upload ke sosial media.

Tidak perlu menggunakan laptop. Karena sekarang, kamu bisa mengkompres gambar langsung dari smartphone android dengan enggunakan 3 aplikasi dibawah ini.

Photo Compress 2.0

Photo Compress bekerja dengan cara mengurangi ukuran file foto, bukan dengan memotong foto tersebut menjadi kecil. Jadi, kamu akan mendapatkan lebar foto yang sama, namun dengan ukuran file foto yang berbeda.

Misal, sebelumnya foto kamu memiliki ukuran file 5MB, setelah di kompres menggunakan aplikasi ini akan berubah menjadi 1.2MB. Hanya berat file-nya saja yang berubah, sedangkan ukuran fotonya tetap.

Reduce Photo Size

Reduce Photo Size bekerja dengan cara yang berbeda, tidak seperti aplikasi Photo Compress 2.0. Reduce Photo Size bekerja dengan cara mengubah ukurab lebar gambar, sehingga secara otomatis berat filenya juga ikut berubah.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk memperkecil ukuran file foto sebelum kamu upload ke sosmed, blog, website, atau forum. Jadi proses upload lebih cepat dan kuota internet yang terpakai pun lebih sedikit.

Photo & Picture Resizer

Photo & Picture Resizer adalah aplikasi yang sangat mudah digunakan. Seteleh foto dan gambar kamu di kompres menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mengirimnya ke teman melalui email, WhatsApp, Facebook dengan lebih cepat karena ukurannya lebih kecil.

Kamu bisa memilih sendiri berapa ukuran foto yang kamu inginkan setelah dikompres. Semakin kecil ukuran, maka semakin kecil pula kualitas foto. Begitu pula sebaliknya.

Sebenarnya, masih ada beberapa lagi aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengkompres ukuran foto dan gambar. Namun untuk saat ini, 3 aplikasi diatas adalah yang terbaik yang bisa kamu gunakan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.