5 Aplikasi Ini Akan Membuat Smartphone Android Kamu Punya Fitur Recycle Bin

  • Share

Terkadang, ada kalanya kita tidak sengaja menghapus file-file penting yang ada di smartphone. Dan tidak ada yang bisa dilakukan selain menyesal. Namun sekarang, dengan 5 aplikasi android ini kamu tidak perlu khawatir lagi jika suatu waktu tidak sengaja menghapus file penting dari smartphone. Karena kamu bisa mengembalikannya, lakanya menggunakan Recycle Bin di Windows.

5 Aplikasi ini bekerja dengan cara yang hampir sama dengan Recycle Bin, yaitu dengan cara mengumpulkan semua file yang kamu hapus ke tempat khusus. Jadi, kamu bisa mengembalikan file-file tersebut kapan saja.

Dumpster

Dumpster bisa dikatakan adalah salah satu aplikasi terbaik dengan fungsi yang sama seperti Recycle Bin. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengembalikan berbagai macam jenis file, mulai dari video, gambar, musik, aplikasi, ppt, pdf, txt, rar, dan masih banyak lagi. Jadi, ketika kamu tidak sengaja menghapus file penting, Dumpster siap mengembalikannya.

Dumpster bekerja dengan cara yang berbeda seperti aplikasi backup. Kamu tidak perlu melakukan backup dengan Dumspter. Karena Dumpster akan bekerja secara otomatis. Kamu hanya perlu membuka Dumpster ketika ada file yang ingin kamu kembalikan.

GT Trash

GT Trash adalah aplikasi gratis dengan fungsi yang sama seperti Recycle Bin. GT Trash mampu memulihkan berbagai macam file yang tidak sengaja kamu hapus, mulai dari foto-foto mantan, video klip lagunya Awkari, sampai dengan dokumen-dokumen penting.

GT Trash juga memiliki fitur untuk memisahkan setiap file berdasarkan tipenya. Jadi, kamu bisa lebih mudah mencari file tertentu jika sudah terlalu banyak file yang mengendap di GT Trash. Untuk menggunakannya, kamu bisa mengunduhnya disini.

Delete Media Recovery

Aplikasi ketiga dalam lis kali ini adalah Data Media Recovery. Aplikasi ini mampu mengembalikan berbagai macam jenis file, mulai dari MP4, SXI, ODG, ODS, MKV, JAR, ODP, ODT, JPEG/JPG, GIF, MP4A, PPTX, FLAC, SXW, OGM, AVI, XLSX, BMP, SXD, EPUB, PDF, PNG, MNG, WAV, SXC, APK, ZIP, MP3, AMR, DOCX, JNG dan masih banyak lagi.

Recycle Bin

Sama seperti namanya, Recycle Bin akan menjadi “tempat sampah” untuk semua file yang kamu hapus. Jadi, jika kamu ingin mengembalikannya, kamu bisa membuka Recycle Bin, kemudian tinggal pilih file yang ingin kamu kembalikan.

Recycle Bin mendukung banyak file explorer pihak ketiga seperti ES File Explorer, Neptune, Tomi File Explorer, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menghapus file dengan dua cara. Pertama, menghapus seperti biasanya, dan file tersebut akan segera pindah ke Recycle Bin. Kedua, kamu bisa membagikannya ke Recycle Bin.

ES File Explorer

Memang, ES File Explorer bukanlah aplikasi yang khusus dikembangkan untuk mengembalikan file kamu yang terhapus. Namun, untuk sebuah aplikasi file explorer, ES File Explorer memiliki fitur tambahan yang sangat penting, yaitu “Recycle Bin”. Jadi, kamu bisa menggunakannya untuk mengembalikan file yang tidak sengaja kamu hapus.

Kesimpulan

Walaupun kamu sudah menggunakan 5 aplikasi diatas, namun jangan sekali-sekali untuk sengaja menghapus file penting dari smartphone kamu. Karena 5 aplikasi diatas hanya untuk menyelamatkan file yang tidak sengaja dihapus.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.