5 Aplikasi Open Source Keren Ini Wajib Kamu Coba Di Android

  • Share

Android dikenal sebagai sistem operasi open source atau sumber terbuka. Karenanya, tidak heran kalau ada banyak aplikasi yang juga kode sumbernya dibebaskan untuk banyak orang. Ada banyak alasan kenapa sang pengembang membuat aplikasinya menjadi open source.

Beberapa alasan diantaranya adalah agar aplikasi tersebut dapat berkembang dengan cepat karena dikembangkan oleh komunitas, dan juga agar aplikasi tersebut tetap update walaupun developer utamanya tidak terlalu aktif dalam mengembangkan.

Nah, untuk kamu yang ingin mencoba aplikasi-aplikasi android open source, 5 aplikasi dibawah ini bisa kamu coba. Aplikasi dibawah ini walaupun open source, tapi tidak kalah dengan aplikasi berbayar.

Amaze File Manager

Ada banyak sekali aplikasi file manager di Google Play. Namun, kebanyakan dari file manager yang ada di Google Play adalah aplikasi gratis (dengan iklan didalamnya) atau aplikasi berbayar. Karenanya, Amaze File Manager bisa menjadi pilihan yang tepat.

Selain memiliki fitur dasar untuk sebuah file manager, Amaze File Manager juga memiliki banyak fitur tambahan lainnya. Mulai dari SMB Sharing, navigation drawer, dan masih banyak lagi. Sebagai bonus, tampilannya sangat menarik dengan mengusung desain material.

ML Manager

Tolong jangan dipikirikan namanya. ML Manager adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengekstrak file APK dari aplikasi yang terinstall di smartphone kamu, kemudian membagikannya ke orang lain.

Satu hal yang keren dari ML Manager adalah kemampuannya untuk mengekstrak APK dari aplikasi sistem. Keren ‘kan? Selain itu, kamu juga bisa menyembunyikan aplikasi agar tidak muncul di launcher. Apapun launcher yang kamu gunakan.

Lightning Web Browser

Untuk urusan aplikasi, banyak orang suka dengan yang ringan-ringan. Nah, Lightning Web Browser ini sangat kecil ukurannya, hanya sekitar 2MB saja. Jadi, tidak akan terlalu memakan banyak ruang penyimpanan smartphone.

Walaupun ukurannya sangat kecil, namun Lightning Web Browser dibekali dengan beragam fitur yang ada pada browser modern. Mulai dari warna yang dapat berubah mengikuti website yang dikunjungi, mendukung berbagai macam search engine, user agen, mode baca, dan masih banyak lagi.

K-9 Mail

Jika kamu bosan dengan aplikasi email yang ada di Google Play, mungkin K-9 akan cocok untuk kamu. Secara tampilan, K-9 mungkin tidak seindah aplikasi-aplikasi email yang lain, namun untuk urusan fitur K-9 bisa diadu.

K-9 memiliki berbagai macam fitur, mulai dari pencarian, push mail, multi-folder, flagging, dan masih banyak lagi. Jadi kamu bisa menggunakan K-9 sebagai aplikasi email utama di smartphone android.

QKSMS

Sama seperti aplikasi email, di Google Play juga tersedia banyak sekali aplikasi SMS pihak ketiga yang bisa kamu download. Salah satunya adalah QKSMS. Selain bisa kamu unduh gratis di Google Play, QKSMS juga merupakan aplikasi open source loh.

Beberapa fitur keren dari QKSMS adalah fitur popup. Dimana kamu bisa membalas SMS yang masuk langsung dari popup ketika sedang main game ataupun menggunakan aplikasi lainnya. Juga tersedia fitur auto emoji, yang membuat percakapan SMS jadi lebih seru.

Itu dia 5 aplikasi open source yang bisa kamu coba. Bagaimana, menarik bukan? Walaupun aplikasi open source dikembangkan oleh perorangan, namun hasilnya tetap keren dan dapat bersaing dengan aplikasi berbayar.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.