5 Aplikasi Terbaik Untuk Memonitor Penggunaan Internet Di Smartphone Android

Kita hidup di era smartphone, dimana semua kegiatan yang tadinya hanya bisa dilakukan di komputer sekarang bisa juga dilakukan di smartphone. Salah satu kegiatan yang sekarang lebih banyak dilakukan di smartphone adalah browsing. Entah itu membaca NGONOO, streaming video, Googling, dan masih banyak lagi.

Tidak heran kalau penggunaan internet sangat penting. Namun, jika kamu kalap ketika internetan, itu tidak akan baik untuk kantong kamu. Karenanya, kamu perlu memonitor penggunaan internet di smartphone dengan menggunakan 5 aplikasi dibawah ini.

Traffic Monitor

Bukan, aplikasi Traffic Monitor ini bukanlah untuk memonitor kondisi jalan raya. Melainkan untuk memonitor penggunaan internet smartphone kamu. Selain untuk memonitor penggunaan data internet, tersedia juga fitur untuk menguji kecepatan internet smartphone, kualitas sinyal, dan informasi jaringan.

Dan fitur keren lainnya adalah kamu bisa membatasi penggunaan data. Jadi, jika penggunaan data internet kamu telah mencapai batas yang telah ditentukan, semua aplikasi tidak bisa menggunakan internet lagi. Cocok untuk kamu yang sedang hemat kuota.

My Data Manager

Salah satu fitur favorit saya di My Data Manager adalah penghitung pemakaian datanya yang canggih. Misal kamu baru saja membeli paket data 2GB, maka kamu bisa melakukan setting di My Data Manager sebesar 2GB. Setelah pemakaian, maka My Data Manager akan terus menampilkan sisa paket data yang ada.

Jadi dengan adanya My Data Manager kamu tidak perlu lagi sering-sering mengecek sisa paket data. Cukup buka apliaksi ini, maka sisa kuota internet kamu akan segera terlihat. Tampilannya juga sangat bersih, sehingga nyaman untuk digunakan.

Data Usage Monitor

Jika kamu lebih suka aplikasi yang lebih simpel, maka Data Usage Monitor akan jadi pilihan yang tepat. Selain pada tampilannya yang simpel, kelebihan utama aplikasi ini adalah kemampuannya untuk menampilkan penggunaan data setiap menit. Jadi, kamu akan tahu di waktu-waktu kapan saja kamu banyak menggunakan internet.

Opera Max

Opera Max sebenarnya dikenal sebagai aplikasi penghemat data internet di android. Namun, Opera Max sebenarnya memiliki fitur lain yang juga tak kalah penting, yaitu untuk memonitor penggunaan data. Jika kamu adalah fans berat Opera, maka aplikasi ini bisa kamu coba. Gratis tanpa in-app-purchase.

Network Connections

Seperti yang kita ketahui, seringkali ada aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang tanpa sepengetahuan kita. Dan parahnya, aplikasi-aplikasi tersebut ada yang sering menggunakan internet tanpa sepengetahuan kita.

Dengan aplikasi Network Connections, kamu bisa mencari tahu aplikasi mana saja yang menggunakan kuota internet dilatar belakang. Dan tentu saja, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menampilkan paket internet yang telah digunakan oleh keseluruhan aplikasi.

Dengan 5 apliaksi diatas, kamu bisa tahu berapa jumlah kuota internet yang kamu habiskan dalam sebulan. Jadi, kamu bisa membeli paket internet yang sesuai dengan jumlah tersebut. Tidak akan pernah lagi ada kuota yang hangus karena membeli paket yang terlalu besar.

Yus Yulianto

Yus Yulianto

Total posts created: 881
Blogger, Content Writer.http://yusyulianto.blogspot.co.id/

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *