Sering Main Smartphone Di Malam Hari? Install 5 Aplikasi Ini Agar Mata Tidak Cepat Lelah

  • Share

Smartphone begitu membuat kecanduan. Entah untuk bermain game, membaca buku elektronik, membaca artikel, berkomunikasi, main sosmed, dan masih banyak lagi. Namun dibalik semua kegunaannya tersebut, menggunakan smartphone terlalu lama juga tidak baik untuk mata. Terlebih lagi menggunakannya di malam hari.

Seperti yang kita ketahui, jumlah cahaya di sekitar kita tidak sebanyak siang hari. Karenanya, cahaya smartphone akan lebih dominan dan langsung mengarah ke mata. Dalam jangka waktu yang lama, hal tersebut tentu dapat membuat mata jadi tidak sehat.

Jika kamu memang sering main smartphone dimalam hari, maka ada baiknya kamu menggunakan 5 aplikasi ini agar mata tidak cepat lelah. Cocok untuk kamu yang punya online shop, admin grup, dan yang sering harus membuka smartphone walaupun di malam hari.

f.lux

Jauh sebelum tersedia untuk android, f.lux adalah aplikasi yang sangat populer dikalangan pengguna desktop. Karena sangat populer dan disukai para penggunanya, akhirnya sang pengembang juga mengembangkan f.lux versi android.

Aplikasi ini bekerja secara otomatis, akan mengubah warna layar kamu agar lebih ramah terhadap mata ketika matahari mulai terbenam sampai dengan pagi hari. Jadi, mata kamu tidak akan cepat lelah ketika menggunakan smartphone dimalam hari.

Baca juga: Sering berlama-lama di depan komputer? Install aplikasi ini agar mata kamu tetap sehat

Twilight

Twilight cukup populer saat ini karena fungsinya yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata. Twilight akan membuat warna layar smartphone beradaptasi sesuai dengan daerah kamu tinggal. Jadi, jika tempat kamu tinggal menunjukan malam, Twilight akan beraksi dengan membuatnya menjadi lebih enak untuk dipandang.

Karena fungsinya yang berguna tersebut, Twilight menjadi salah satu aplikasi pilihan editor Google Play. Pastinya aplikasi dengan label Pilihan Editor bukanlah aplikasi abal-abal.

Darker

Darker bisa membuat tingkat kecerahan layar smartphone kamu berada pada posisi rendah, agar mata kamu tidak cepat lelah ketika menggunakan smartphone di malam hari. Tersedia juga banyak filter, jadi kamu bisa memilihnya yang sesuai dengan jenis mata.

Night Mode

Sama seperti namanya, Night Mode ini akan mengubah smartphone kamu ke dalam mode malam. Uniknya, aplikasi ini dapat digunakan di perangkat android yang belum di root. Tersedia banyak profil warna yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera.

Fitur unik lainnya adalah kemampuannya untuk menonaktifkan fungsi Night Mode melalui bilah notifikasi. Jadi, jika suatu waktu kamu melakukan sesuatu yang penting berhubungan dengan akurasi warna, kamu bisa menonaktifkan Night Mode secara cepat melalui bilah notifikasi.

Dimly

Dimly adalah salah satu aplikasi paling simpel diantara ke-4 aplikasi diatas. Karenanya, walaupun berjalan sepanjang hari, Dimly tidak akan membuat smartphone kamu jadi lemot. Ketika membuka Dimly, kamu akan melihat berbagai macam kontrol yang bisa kamu gunakan untuk mengatur warna layar smartphone agar lebih ramah terhadap mata.

Itu dia 5 aplikasi android terbaik yang bisa kamu install jika kamu sering main smartphone dimalam hari. Dengan mengisntall ke-5 aplikasi diatas, maka efek buruk dari layar smartphone ke mata berkurang.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.