Apakah Smartphone Kamu Bisa Pakai USB OTG? Begini Cara Mengetahuinya

Kamu pasti sudah tahu ‘kan tentang USB OTG? Itu loh, teknologi yang memungkinkan kamu untuk menggunakan flashdisk di smartphone android layaknya komputer. Selain flashdisk, kamu juga bisa menghubungkan perangkat lain yang mendukung dengan menggunakan kabel OTG. Contohnya adalah keyboard, mouse, joystik, dan sebangsanya.

Tapi, mungkin diantara kamu masih ada yang bingung dan bertanya pada rumput yang bergoyang “kira-kira smartphone aku bisa menggunakan USB OTG nggak ya?”. Tenang, kamu tidak perlu menunggu rumput-rumput tersebut untuk menjawabnya.

Karena, kamu bisa mencari tahu sendiri jawabannya langsung dari smartphone. Dengan bantuan sebuah aplikasi bernama Easy OTG Checker, kamu bisa mengetahui dengan mudah apakah USB OTG bisa kamu gunakan atau tidak.

Berikut ini adalah cara mengetahui apakah smartphone kamu bisa menggunakan OTG atau tidak.

Pertama, unduh aplikasi Easy OTG Checker dari Google Play. Tenang saja, aplikasinya gratis.

Jika sudah, hubungkan USB OTG ke smamrtphone. Lalu buka aplikasi Easy OTG Checker dan klik logo “Tanda Tanya”.

Easy OTG Checker akan membutuhkan waktu beberapa detik untuk mengecek apakah smartphone kamu bisa menggunakan USB OTG atau tidak. Setelah beberapa detik, ia akan menampilkan hasilnya. Jika ada tanda centang besar, itu artinya smartphone kamu bisa menggunakan USB OTG. Seperti gambar dibawah ini.

Namun jika tanda silang besar berwarna merah yang muncul, itu tandanya smartphone kamu tidak bisa menggunakan USB OTG. Jangan sedih dan tetap semangat.

Sekian, mudah bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.