ads

Smartphone Android Kamu Sudah Di Root Atau Belum? Begini Cara Mengetahuinya

Yus Yulianto | Android | 12 Sep, 2017

Root adalah salah satu cara untuk meningkatkan kinerja smartphone android (jika dilakukan dengan benar). Karena setelah di root, kamu bisa memodifikasi sistem android, menginstall aplikasi-aplikasi root, sampai dengan menginstall custom ROM. Tentu kamu harus berhati-hati dalam melakukan itu semua. Baca setiap panduan dengan teliti dan lakukan dengan hati-hati.

Ada banyak sekali panduan dan tutorial untuk mendapatkan hak akses root di smartphone android. Biasanya, setiap tipe smartphone memiliki panduan yang berbeda dengan tipe lainnya. Jadi, jangan sampai salah mengikuti panduan yang ada di internet.

Untuk kamu yang telah mengikuti tutorial cara mendapatkan hak akses root, mungkin masih bingung apakah smartphone kamu benar-benar telah di root atau belum. Tapi, tenang saja. Kamu bisa mengeceknya dengan mudah melalui cara dibawah ini.

Pertama, download aplikasi Root Checker Basic di Google Play Store. Sama seperti namanya, fungsi dari aplikasi ini adalah untuk mengetahui apakah smartphone kamu sudah di root atau belum.

Jika sudah di download, buka aplikasi Root Checker.

Kemudian, sentuh “Verifikasi Root”.

Tidak butuh waktu lama untuk mengecek. Hanya dalam hitungan detik saja Root Checker akan menampilkan hasilnya. Jika smartphone kamu sudah dalam keadaan root, maka akan muncul tulisan “Congratulations!…” berwarna hijau seperti pada screenshot dibawah ini.

Jika smartphone kamu belum di root, maka akan ada tulisan berwarna merah yang menerangkan bahwa smartphone android kamu belum di root. Jangan nangis dan tetaplah semangat.

Selain untuk mengecek apakah smartphone kamu sudah di root atau belum, Root Checker juga menyediakan fitur edukasi mengenai root. Mulai dari pengertian root, kenapa harus di root, dan lain-lain.