5 Aplikasi Benchmark Terbaik Untuk Mengetahui Performa Smartphone Android

Adakalanya kamu ingin mengetahui seberapa tangguh smartphone android yang sedang kamu gunakan. Memang, ada spesifikasi yang bisa jadi patokan. Tapi untuk mengetahui detailnya, tentu kamu harus melakukan benchmark. Dan untuk melakukannya, kamu butuh aplikasi-aplikasi khusus yang disebut dengan aplikasi benchmark.

Berikut ini adalah 5 aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk benchmark smartphone android.

Antutu Benchmark

Antutu Benchmark adalah pemain lama dalam daftar ini. Antutu Benchmark digunakan oleh banyak orang untuk megetahui performa dan tingkat kinerja dari sebuah smartphone android.

Kamu cukup buka aplikasinya, lalu klik tombol untuk melakukan pengujian. Biarkan aplikasi berjalan selama beberapa saat dan kamu akan mengetahui hasil pengujian tersebut.

Geekbench 4

Geekbench 4 bisa digunakan untuk mengetahui seberapa jauh performa android kamu. Uniknya, selain bisa digunakan untuk menguji perangkat kamu sendiri, juga ada fitur untuk membandingkannya dengan perangkat lain.

Geekbench 4 punya database berisi performa banyak smartphone android yang ada di pasaran. Mulai dari performanya yang paling tinggi sampai yang paling rendah.

Quadrant Standard Edition

Jangan keburu ilfeel dengan tampilannya. Walaupun tampilannya tidak sekeren Antutu dan Geekbench, tapi Quadrant Standard Edition cukup ampuh untuk digunakan sebagai aplikasi benchmark smartphone android.

Selain itu aplikasi ini juga bisa mengetahui informasi lengkap smartphone yang kamu gunakan. Mulai dari merk, model, kapasitas baterai, RAM, sampai dengan prosesor yang digunakan. Cocok juga untuk ngecek spesifikasi. Ngga perlu googling lagi.

3DMark

Performa smartphone yang tinggi adalah adalah keharusan untuk seorang gamer. Nah, untuk kamu yang juga gamer, bisa pakai aplikasi 3DMark untuk mengetahui seberapa tangguh smartphone kamu dapat digunakan untuk gaming.

3DMark adalah aplikasi benchmark yang dikhususkan untuk para gamer. Dia akan menguji performa CPU dan GPU, kemudian menampilkan hasilnya apakah cukup layak untuk digunakan dalam bermain game-game HD.

CPU-Z

Nah, aplikasi yang terakhir ini pasti sudah cukup familiar ditelinga kamu. Sebenarnya CPU-Z bukan aplikasi yang benar-benar dapat digunakan untuk benchmark, tapi untuk mengetahui spesifikasi lengkap dari smartphone kamu. Tapi dengan megnetahui spesifikasi, kamu juga bisa mengira-ngira seberapa tangguh smartphone kamu.

Itu dia. Dengan 5 aplikasi diatas, kamu bisa tahu seberapa tangguh performa smartphone yang sedang kamu gunakan.

Yus Yulianto

Yus Yulianto

Total posts created: 881
Blogger, Content Writer.http://yusyulianto.blogspot.co.id/

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *