5 Fitur Rahasia Google Play yang Sangat Sayang Jika Tidak Digunakan

Google Play adalah tempat kita mendownload aplikasi dan game di smartphone android. Hampir semua smartphone android dibekali dengan Google Play. Tapi, tau kah kamu kalau ada fitur-fitur tersembunyi di Google Play? Rasanya sangat sayang jika kamu tidak pernah mencobanya.

Jika kamu penasaran, berikut ini adalah 5 fitur rahasia Google Play yang wajib kamu coba.

Cari Aplikasi dan Game Berdasarkan Nama Pengembangnya

Terkadang ada banyak aplikasi atau game dengan nama yang sama dari pengembang yang berbeda. Ini tentu akan membingungkan kamu yang sedang mencari aplikasi untuk di download.

Jika kamu tau nama pengembangnya, maka gunakan saja salah satu fitur rahasia Google Play ini. Yaitu dengan mencari aplikasi dan game yang dikembangkan oleh satu pengembang.

Caranya adalah dengan mengetik “pub:nama pengembang” (tanpa tanda petik). Dengan begitu Google Play akan menampilkan seluruh aplikasi dan game buatan pengembang yang kamu cari.

Menggunakan Aplikasi Beta dan yang Belum di Rilis

Google Play mengijinkan para pengembang untuk memisahkan antara aplikasi stabil dengan beta-nya. Jadi, untuk pengguna yang ingin “cari aman”, bisa menggunakan versi stabil.

Dan untuk pengguna yang ingin mencoba fitur baru lebih cepat, bisa menggunakan aplikasi versi beta. Salah satu aplikasi beta yang bisa kamu download di Google Play adalah WhatsApp Beta dan SwiftKey Keyboard Beta.

Lihat Review yang Relevan

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dibawah halaman aplikasi, para pengguna bisa mengutarakan pengalaman, ide serta testimoni dan review selama menggunakan aplikasi tersebut.

Nah, untuk kamu yang ingin membaca review, bisa juga memanfaatkan fitur dimana kamu bisa membaca review berdasarkan paramter yang kamu inginkan.

Contohnya adalah, kamu hanya ingin membaca review dari pengguna yang menggunakan perangkat yang sama seperti kamu.

Hentikan Google Play Menambah Ikon Aplikasi di Home Screen

Setiap kali habis menginstall aplikasi dan game, Google Play pasti akan menambahkan ikon dari aplikasi tersebut ke home screen. Untuk kamu yang tidak suka dengan perilaku Google Play ini, bisa menonaktifkannya.

Jadi sebanyak apapun aplikasi dan game yang kamu download dari Google Play, tidak akan ada ikon yang muncul di home screen. Cara lengkapnya bisa kamu baca disini.

Nonaktifkan Update Otomatis di Aplikasi Tertentu

Google Play sebenarnya punya fitur untuk melakukan update tertentu. Jika kamu menonaktifkannya, maka semua aplikasi dan game tidak akan pernah di update secara otomatis.

Pertanyaannya adalah, bisakah kita menonaktifkan update otomatis hanya pada aplikasi yang diinginkan? Bisa banget. Yaitu dengan cara Klik tanda titik tiga di halaman Google Play aplikasi yang bersangkutan, kemudian hilangkan tanda centang “Auto-update”.

Sudahkah kamu mencoba fitur-fitur Google Play diatas?

Yus Yulianto

Yus Yulianto

Total posts created: 881
Blogger, Content Writer.http://yusyulianto.blogspot.co.id/

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *