Beberapa Tips Sederhana Meningkatkan Kualitas Suara Smartphone Kesayangan Kamu

  • Share

Speaker adalah komponen yang cukup vital di smartphone. Dengan adanya speaker, kamu bisa mendengar apa yang orang bicarakan ketika sedang melakukan panggilan suara. Dengan adanya speaker juga, kamu bisa mendengarkan lagu-lagu dari Young Lex dan Awkarin. Bahkan kamu bisa lebih seru main game dengan adanya speaker ini.

Tapi namanya juga barang elektronik, seiring dengan pemakaian pasti akan cenderung menurun kualitasnya. Jika sudah begitu, maka suara yang keluar dari smartphone kamu tidak akan seperti dulu. Tapi tenang saja, kamu bisa mengakalinya dengan beberapa tips dibawah ini.

Bersihkan Speaker

Langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kebali kualitas suara smartphone adalah dengan membersihkan lubang speaker. Kamu tidak perlu benar-benar menjangkau bagian dalamnya, cukup bersihkan bagian luarnya saja.

Biasanya seiring dengan pemakaian, akan ada kotoran-kotoran yang menempel dan menghalangi lubang speaker. Jadi, suara tidak bisa keluar dengan sempurna. Untuk kamu yang belum terlatih, bisa mengikuti video dibawah ini.

Download Aplikasi Equalizer

Sering dengerin musik di smartphone tapi suaranya kadang tidak sesuai dengan lagu yang sedang dimainkan? Itu karena smartphone kamu tidak tahu jenis atau genre lagu yang sedang diputar. Jadi suara yang dihasilkan menjadi kurang enak didengarkan.

Salah satu solusinya adalah dengan mendownload aplikasi equalizer. Aplikasi equalizer berfungsi untuk mengatur suara speaker agar dapat menghasilkan suara yang pas sesuai dengan genre lagu. Jadi, speaker akan menghasilkan suara yang berbeda sesuai dengan genre lagu yang sedang diputar.

Untuk koleksi aplikasi equalizer, kamu bisa melihatnya di Google Play.

Download Aplikasi Pengeras Suara

Setiap vendor smartphone membatasi eprforma speaker pada smartphone besutan mereka. Itu tidak lain dan tidak bukan agar speaker lebih tahan lama dan awet. Tapi jika kamu ingin meningkatkan suara yang dihasilkan speaker, kamu bisa melakukannya.

Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi pengeras suara atau volume booster. Mengenai aplikasi ini, kamu bisa mendownload 4 aplikasi volume booster yang pernah saya tulis.

Dengan beberapa tips sederhana diatas, diharapkan speaker smartphone kamu dapat bekerja dengan maksimal seperti sebagaimana mestinya. Jadi kamu bisa mendengarkan musik, menelipun, atau main game dengan lebih seru.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.