Tips Memperpanjang Usia Tombol Fisik Smartphone Android

  • Share

Di smartphone android ada beberapa tombol fisik, mulai dari tombol power, volume, sampai dengan tombol home. Masing-masing tombol fisik di smartphone punya fungsi yang sangat penting untuk membantu pengguna smartphone. Dengan tombol fisik, kamu bisa mengaktifkan dan menonaktifkan smartphone.

Coba bayangkan, apa yang terjadi jika salah satu tombol fisik smartphone kamu rusak. Pastinya kamu jadi kesulitan dalam menggunakan smartphone. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa “menghemat” penggunaan tombol fisik.

Dengan begitu, tombol fisik di smartphone kamu bisa lebih awet. Nah, untuk kamu yang ingin agar tombol fisik di smartphone lebih awet, kamu bisa mengikuti beberap tips dibawah ini.

Install Aplikasi Tambahan Untuk Menggantikan Fungsi Tombol Fisik

Seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa salah satu cara terbaik agar tombol fisik smartphone tidak cepat rusak adalah dengan mengurangi penggunaannya.

Tapi tenang saja, kamu masih bisa menggunakan smartphone dengan baik meski tidak menggunakan tombol fisik. Yaitu dengan menginstall 5 aplikasi pengganti tombol fisik smartphone yang pernah saya tulis dibawah ini.

Jadi, kamu tetap bisa kembali ke homescreen tanpa menyentuh tombol home. Kamu juga bisa menonaktifkan martphone tanpa menyentuh tombol power sama sekali.

Gunakan Aplikasi Screenshot Pihak Ketiga

Well, seperti yang kita ketahui bersama bahwa untuk mengambil screenshot di android kita biasanya menggunakan kombinasi tombol power + home atau power + volume -.

Untuk kamu yang sering sekali mengambil screenshot, tentu lama-kelamaan tombol-tombol tersebut cepat rusak. Karenanya sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi khusus screenshot.

Kenapa aplikasi screenshot, kamu bisa mengambil screenshot tanpa menekan tombol fisik sama sekali. Cukup buka aplikasinya, lalu tekan tombol virtual yang disediakan oleh aplikasi tersebut.

Manfaatkan Fitur “Double Tap to Wake”

Android punya fitur bawaan yang sangat berguna dalam mengurangi penggunaan tombol power dan home. Fitur tersebut adalah “Double Tap to Wake”.

Fitur apaan tuh, Yus?

Dengan fitur tersebut, kamu bisa menghidupkan layar smartphone tanpa menyentuh tombol fisik. Cukup dengan ketuk layar dua kali, maka layar smartphone akan langsung menyala.

Gimana cara makenya, Yus?

Mengenai fitur ini, saya sudah pernah membahasnya di artikel dibawah ini. Baca gih.

Fitur diatas wajib dipakai untuk kamu yang sedikit-sedikit bales WhatsApp. Sedikit-sedikit update status. Sedikit-sedikit upload foto. Sedikit-sedikit stalking mantan.

Selamat mencoba tips-tipsnya. Semoga dengan mengikuti tips diatas tombol fisik smartphone android kamu jadi lebih awet.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.