5 Fitur Google Drive yang Wajib Kamu Coba di Android

  • Share

Google Drive adalah salah satu layanan gratis yang ditawarkan Google untuk kita. Terinstall secara default di banyak smarthone android. Fungsi utama Google Drive adalah untuk menyimpan file di awan. Namun disamping fungsi utamanya tersebut, pernahkah kamu memanfaatkan semua fiturnya? Jika belum, 5 fitur Google Drive ini bisa kamu coba agar Google Drive semakin berguna.

Memindai Foto dan Dokumen

Adakalanya kamu sering kehilangan dokumen fisik. Mulai dari dokumen penting seperti kerjaan sampai dokumen yang kurang begitu penting seperti struk belanjaan. Nah, fitur Google Drive yang satu ini cocok banget kamu pakai.

Google Drive bisa digunakan untuk memindai dokumen ataupun foto. Jadi, dokumen-dokumen fisik kamu bisa tersimpan menjadi dokumen digital di Google Drive. Jika suatu waktu dokumen fisiknya hilang atau rusak, kamu masih bisa mengakses versi digitalnya melalui Google Drive.

Berbagi File

Sharing is caring. Begitu kata tetangga saya. Bukan hanya uang atau harta yang bisa dibagikan. File juga bisa dibagikan. Entah kamu ingin membagikan ke teman, rekan kerja, atau dosen. Google Drive adalah salah satu cara termudah untuk sharing file.

Kamu cukup upload file yang ingin dibagikan. Kemudian sentuh dan tahan pada file tersebut, pilih “Share link”. Selanjutnya kamu tinggal mengirim link tersebut ke orang yang diinginkan. Simpel. Ngga perlu bluetooth lagi.

Integrasikan dengan Google Foto

Google Foto dan Drive adalah dua produk yang sama-sama dibuat oleh Google. Dan untungnya, kamu bisa menghubungkan dua apliaksi ini. Semua foto yang kamu upload di Google Foto juga bisa dimunculkan di Google Drive loh.

Caranya adalah dengan masuk ke menu settings Google Drive, kemudian aktifkan opsi “Auto Add”. Dengan begitu akan muncul folder Google Photos. Disitulah foto-foto kamu bersemayam.

Buka File di Aplikasi yang Berbeda

Google Drive bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam jenis file. Mulai dari Docx, PPT, sampai dengan 3gp. Asiknya lagi, kamu bisa membuka setiap file di aplikasi yang berbeda-beda.

Misal, kamu bisa membuka file Docx dengan aplikasi Microsoft Word. Lalu mengedit dan menyimpannya kembali di Google Drive.

Buat Pintasan File di Home Screen

Terkadang ada file-file penting. Kamu sering mengeditnya. Membuka Google Drive kemudian mengakses folder, kemudian mengklik file-nya. Begitu terus menerus. Tentu sangat memakan waktu.

Sebagai solusinya, kamu bisa membuat pintasan dari file yang sering kamu buka atau edit. Sehingga file tersebut bisa langsung dibuka dari home screen.

Caranya adalah dengan sentuh dan tahan pada file yang diinginkan, kemudian pilih opsi “Add to Home Screen”.

Itu dia 5 fitur Google Drive yang wajib kamu coba agar hidup jadi lebih mudah. Selamat mencoba dan sampai jumpa.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.