5 Jenis Aplikasi Android yang Bikin Internet Boros

  • Share

Ada banyak jenis aplikasi yang bisa kamu install di android melalui Google Play. Mulai dari aplikasi pesan instan, aplikasi perkantoran, dan lain-lain. Tapi, tahukah kamu jenis aplikasi mana saja yang sering menyedot paket data kamu? Benar, ada beberapa jenis aplikasi yang terkenal sering menghabiskan kuota internet penggunanya.

Itu karena aplikasi-aplikasi tersebut membutuhkan banyak internet agar dapat digunakan dengan maksimal. Pingin tahu jenis aplikasi apa saja yang menghabiskan banyak internet di smartphone android kamu? Ini dia.

Sosial Media

Sosial media adalah aplikasi yang terkenal sering menyedot internet para penggunanya. Itu karena aplikasi sosil media selalu terhubung ke internet setiap saat agar beranda kamu selalu update dengan status-status terbaru dari teman.

Apalagi Facebook dan Instagram. Facebook memiliki fitur autoplay yang akan langsung memankan video kiriman teman. Begitu pula dengan Instagram, semua postingan yang ada di Instagram adalah video dan foto. Semakin boros kuota deh.

Game Online

Namanya juga game online, maka untuk memainkannya membutuhkan koneksi internet. Selama permainan, internet akan terus digunakan agar game dapat tetap terhubung ke server. Semakin lama kamu memainkan game online, maka semakin banyak pula internet yang digunakan.

Aplikasi Streaming Video dan Musik

Salah satu hiburan yang paling asik tentu saja adalah menonton video dan juga mendengarkan musik. Ada YouTube, Hooq, Netflix, dan lain-lain.

Tapi, tentu ada harga yang harus dibayar. Aplikasi streaming musik dan video akan banyak sekali memakan kuota internet. Karenanya untuk menghindari “kebocoran kuota”, gunakanlah aplikasi streaming hanya saat terhubung ke wi-fi.

Hemat, beb.

Aplikasi Backup Foto

Saat ini ada cukup banyak aplikasi cloud storage yang khusus untuk backup foto. Seperti Google Photos, Shoebox, dan lain-lain. Bayangkan jika di smartphone kamu ada ribuan foto yang harus di backup. Bisa-bisa paketan 10GB langsung habis dalam 3 jam 19 menit.

Untuk menghindari penyedotan kuota dari aplikasi jenis ini, kamu bisa mengaktifkan aplikasi-aplikasi tersebut hanya pada saat terhubung ke wi-fi gratisan.

Aplikasi Baca Berita

Saat ini ada cukup banyak aplikasi baca berita di Indonesia. Selain membantu dalam membaca berita, aplikasi-aplikasi tersebut juga cukup menyita banyak kuota.

Itu karena aplikasi jenis ini akan berjalan dilatar belakang dan mengunduh semua artikel dari berbagai sumber agar dapat langsung dibaca oleh kita.

Untuk menghindari pemakaian kuota yang berlebihan dari aplikasi jenis ini, saya sarankan untuk menggunakan 1 saja aplikasi berita. Tidak perlu unduh banyak aplikasi baca berita.

Toh beritanya itu-itu saja.

Itu dia 5 jenis aplikasi yang memakan cukup banyak kuota internet. Jika kamu tidak waspada, maka kamu akan kecolongan. Kamu bisa memantau ke-5 aplikasi diatas dengan menggunakan 5 aplikasi dibawah ini.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.