5 Trik Singkat Agar Android Tetap Cepat Meski Tidak di Root

  • Share

Hari gini, katanya hanya smartphone android flagship yang bisa berjalan dengan cepat. Smartphone android kelas menengah kebawah lambat karena spesifikasinya juga rendah. Padahal, tidak juga. Kamu tetap bisa memaksimalkan smartphone berspesifikasi biasa-biasa saja agar dapat berjalan dengan lancar.

Jika kamu menggunakan smartphone berspesifikasi biasa-biasa saja tapi ingin smartphone kesayangan kamu itu tetap ngebut, 5 trik sederhana dibawah ini bisa kamu coba. Kamu bisa melakukannya walaupun smartphone tersebut belum di root.

Pakai launcher pihak ketiga

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sebagian besar vendor smartphone android dibekali dengan launcher buatannya masing-masing. Tidak jarang ada launcher buatan vendor yang sangat berat jika digunakan di smartphone berspesifikasi biasa-biasa saja.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang banyak tersedia di Google Play. Belum lagi ada banyak launcher ringan dan sudah dioptimasi agar menggunakan sedikit RAM.

Baca juga: Ini Dia 5 Launcher Android Paling Ringan dan Hemat RAM

Matikan sinkronisasi

Sama seperti OS sebelah, android juga memiliki fitur sinkronisasi. Dengan fitur ini, aplikasi-aplikasi tertentu bisa menarik data ke server mereka. Seperti DropBox yang membackup foto-foto kamu secara otomatis. Google yang menyimpan kontak kamu di server mereka, dan lainnya.

Jika banyak aplikasi yang berjalan bersamaan dan melakukan sinkronisasi, itu akan membebani kinerja smartphone kamu. Karenanya, menonaktifkan fitur sinkronisasi adalah pilihan bijak agar smartphone kamu terhindar dari lag atau lemot.

Nonaktifkan animasi

Melihat efek-efek animasi keren ketika menggunakan smartphone memang menyenangkan. Namun jika spek smartphone kamu biasa-biasa saja ditambah lagi dengan banyaknya aplikasi yang berjalan, itu akan semakin lemot.

Jika tidak butuh-butuh amat, nonaktifkanlah animasi di smartphone android kamu. Mengenai cara mengatur efek animasi di android, saya sudah pernah membahasnya disini, disini dan disini.

Hapus aplikasi

Ya, hapus saja aplikasi-aplikasi yang sudah tidak pernah terpakai lagi. Itu adalah salah satu cara terbaik. Selain bisa mengosongkan ruang penyimpanan kamu, smartphone juga akan jadi sedikit lebih cepat.

Bersihkan home screen

Di android, kamu bisa menambahkan widget di home screen. Wiget-widget itu memang bisa membuat tampilan smartphone kamu jadi lebih asoy. Tapi, tahukah kamu kalau terlalu banyak memajang widget bisa menurunkan performa smartphone?

Jika memang tidak terlalu dibutuhkan, hapus saja widget dari home screen. Membiarkan home screen tetap bersih akan membantu performa android kamu tetap cepat.

Itu dia 5 trik singkat agar smartphone android kamu tetap cepat tanpa harus di root. Gampang toh?

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.